5 Sosok Lansia Indonesia yang Produktif di Bidangnya

Bandung - Tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional. Salah satu hari penting di Indonesia yang dirayakan sebagai bentuk kepedulian dan perhargaan kepada para lansia. Siapa saja sih yang termasuk dalam kategori lansia itu? Lansia adalah mereka yang telah berusia 60 tahun ke atas.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2018 jumlah lansia di Indonesia mencapai 9,3 persen alias 24,7 juta di jiwa. Walau begitu, ada banyak lansia yang masih aktif dan produktif loh meskipun usianya sudah tidak lagi muda. Ini dia 5 lansia yang masih produktif di bidangnya:

Ma’aruf Amin
Ma’aruf Amin merupakan ulama besar yang kini usianya sudah menginjak 76 tahun. Walau sudah tidak muda lagi, namun beliau masih aktif menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2015-2020. Saat ini, Ma’aruf Amin juga berhasil menjadi cawapres terpilih periode 2019-2024 bersama capres Joko Widodo.

Quraish Shihab
Siapa yang tidak kenal dengan nama besar Quraish Shihab, ia adalah seorang cendekiawan muslim yang juga merupakan mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII (1998). Saat masih muda dulu, Quraish Shihab aktif di bidang pendidikan. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademis dan Kemahasiswaan di IAIN Alauddin, Ujung Pandang, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII Indonesia Bagian Timur, hingga aktif di beberapa organisasi profesional lainnya.

Mahfud MD
Mahfud MD merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga aktif berkiprah di dunia perpolitikan Indonesia. Sebelum menjabat sebagai Ketua MK, ia juga pernah menjadi Menteri Pertahanan dan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia pada Kabinet Abdurrahman Wahid. Pria berusia 62 tahun ini juga pernah menduduki kursi DPR RI pada periode 2004-2008 menempati Komisi III DPR RI. Ia juga tercatat pernah menjadi anggota Tim Konsultan Ahli pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Popong Otje Djundjunan
Perempuan yang akrab disapa Ceu Popong ini merupakan politisi nyentrik yang namanya cukup dikenal oleh masyarakat. Ia sendiri sudah terjun di bidang politik sejak tahun 1987, saat itu Ceu Popong bergabung dengan Partai Golkar dan masih berlangsung hingga saat ini. Perempuan yang kini berusia 81 tahun ini pernah menjabat sebagai anggot DPR RI Komisi X dari Fraksi Golkar pada tahun 2009-2014.

Titiek Puspa
 Musisi sekaligus pecipta lagu legendaris Indonesia yang satu ini masih aktif terjun di bidang musik loh walaupun sekarang usianya sudah menginjak 81 tahun. Titiek Puspa sendiri sudah berkarir sejak usianya masih belia. Tak sedikit karya yang telah dihasilkannya. Sepanjang karir bermusiknya, ia sudah berhasil membuat 13 album solo dan 6 album kolaborasi. Tak hanya itu saja, ia juga aktif di bidang teater, ada lebih dari 20 pamentasan teater yang sudah ia bintangi. 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler