Pecatur Putri Indonesia Kalahkan GM Sokolov di JAPFA 2019

Bandung - Woman Grand Master (WGM) alias pecatur putri Indonesia, Medina Warda Aulia yang tampil di kelompok putra, berhasil unggul dari GM Sokolov pada putaran kedua turnamen catur bertajuk JAPFA GM & WGM Chess Tournament 2019. Wah, bikin bangga ya!

Perhelatan ini digelar di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Jumat (14/06/2019). Saat bermain dengan Sokolov, secara posisi dan materi, permainan berlangsung imbang. Namun Sokolov terlihat lamban sehingga mengalami krisis waktu sebelum akhirnya tumbang pada langkah ke-54.

Menurut pengamat catur Kristianus Liem, secara teknis Medina mampu mengimbangi Sokolov. Bahkan langkah-langkah bidak pecatur putri terbaik Indonesia itu terlihat lebih mantap.

Ada alasan kenapa Medina mengikuti kategori putra di JAPFA Chess Tournament. Pertama, di kelompok putra ia bisa mendapatkan pengalaman bertanding di beragam perhelatan internasional. Kedua, ia juga bisa mendapatkan kesempatan master international (MI) putra. 

Ketiga, dengan ikut kategori putra, ia bisa memiliki peluang menaikkan ranking. Sebab, jika bermain di kategori putri, targetnya hanya menjadi juara. Berbeda dengan kategori putra yang dapat memberikan banyak pengalaman dan kesempatan beragam lainnya.

Kemenangan Medina atas Sokolov membuka peluang pecatur ini untuk meraih norma Master Internasional ketiga di turnamen ini. Setelah sebelumnya di babak pertama Medina dikalahkan GM Rustam Khusunutdinov (Kazakshtan, 2471). Untuk meraih norma MI, Medina harus bisa mengumpulkan 7 poin dari 11 babak.

Selamat dan sukses selalu untuk Medina!

Foto:  Instagram.com/medinawarda
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler