Alifah Ratu, Beauty Vlogger Sohor Karena Bikin Tutorial Sederhana

Bandung - TemanBaik yang suka dunia mekap, pasti kenal dengan Beauty Vlogger bersahaja ini. Namanya Alifah Ratu Saelynda atau akrab dengan sapaan Ratu.

Berawal dari iseng - iseng mengunggah video dandannya di channel youtube pada tahun 2016, akhirnya cewek asal Ujungberung, Bandung ini sukses loh menjaring 1 juta subscriber dari berbagai kalangan dan tingkatan usia. Keren!

Ratu bercerita, sejak berkuliah di Fakultas Teknik Perminyakan ITB ia memang gemar memoles wajahnya dengan tema sederhana sat pergi kuliah. Enggak cuma buat diri sendiri, ia pun mulai mengembangkan hobinya ini lewat posting video tutorial yang disebarkannya secara rutin lewat Youtube.

"Awalnya di tahun 2016 saya memang iseng dan enggak ada target untuk mencari uang lewat youtube. Tapi enggak menyangka, subscriber saya terus bertambah dan komunitas penyuka video saya terbentuk dengan sendirinya," ujar Ratu kepada BeritaBaik di sela event Kelas Kreator Youtube di Bandung belum lama ini.


Cewek 25 tahun ini juga mengisahkan, selama tiga tahun menjadi kreator di Youtube ia kerap membagikan tips dan review produk yang murah dan asli produksi Indonesia. Karena getol mengupas produk lokal, image Ratu pun semakin terbentuk loh. 

Bagi perusahaan mekap lokal, Ratu dianggap sebagai Beauty Vlogger terbaik untuk mempromosikan produk mereka. Alhasil, penghasilannya pun semakin menggurita loh. Enggak cuma dapat royalti dari Youtube, mahasiswa S-2 SBM ITB ini juga mulai mendapatkan bayaran sebagai endorser dari berbagai produk mekap.

"Setahu aku sih kalau kreator bisa menghasilkan penonton lebih dari 1 juta itu bisa dikatakan viral. Kalau melihat pengalaman aku, kebanyakan video yang banyak ditonton itu soal review produk mekap atau kosmetik murah tapi hasilnya bagus. Biasanya yang jenis ini yang banyak ditonton," ungkap Ratu.

Selama tiga tahun menjalani profesi sebagai youtuber, Ratu enggak menampik loh kalau dia memperoleh banyak materi lewat eksistensinya sebagai Beauty Vlogger. Tapi dia juga mengakui, menjaga konsistensi di dunia vlogger enggak semudah yang dibayangkan.

Misalnya untuk saat ini, Ratu mulai mengurangi postingan videonya karena tengah hamil besar. Beruntung, sang suami enggak mewajibkannya untuk terus menggeluti dunia Youtube sebagai mata pencaharian utama.

"Sejak menikah dan hamil besar, saya hanya mampu menayangkan satu video per mingggu untuk menjaga algoritma Youtube. Karena memang enggak selamanya jadi vlogger nama kita terus di atas. Sebagai alternatif penghasilan, saya juga punya bisnis dengan brand sendiri yang labelnya This," pungkasnya.


Foto Alifah Ratu


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler