Inspiratif! Driver Ojol Ini Berprestasi hingga Raih Cum Laude

Semarang -
Belum lama ini ceritanya mendadak viral lewat thread di Twitter yang dibagikan oleh akun @gizayeolsung. Seorang seniornya di kampus membagikan kisah inspiratif dari Leony Sondang Suryani. Ia adalah mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang yang juga mencari uang tambahan dengan menjadi pengemudi ojek online (Ojol). 

Saat dihubungi oleh BeritaBaik, Leony atau yang biasa disapa Lele ini senantiasa membagikan ceritanya ini. Menjadi driver ojol adalah pilihannya, sebab saat itu memang sedang ada pendaftaran massal di kotanya. 

"Mulai jadi driver Gojek saat Oktober 2017. Saya ingin melakukan sesuatu yang bisa menambah uang jajan, biar enggak terlalu banyak minta dari orang tua," katanya pada BeritaBaik. 

Lele sendiri mengaku tidak menyangka jika ceritanya ini bisa menjadi viral di Twitter. Sebab ia sendiri juga membagikan ceritanya, tetapi hanya lewat Facebook dan Instagram yang akunnya pun ia private

"Enggak mikir akan viral dan dibaca banyak orang. Kaget sih, enggak nyangka aja kok orang bisa ya tertarik dengan cerita saya yang jadi ojek online," akunya. 

Di kampusnya, perempuan kelahiran Bogor, 20 Agustus 1997 ini juga merupakan mahasiswa yang berprestasi. Sejak masih jadi mahasiswa baru, tepatnya tahun 2015 Lele sudah menancapkan minatnya ke dunia debat. UPK debat tingkat kampus jadi yang pertama diikutinya dan mengantarkannya menjadi juara. 

Setelah itu, kompetisi demi kompetisi ia ikuti, seperti lomba debat antar kampus dan mulai merambah ke tingkat nasional di Piala Mahkamah Konstitusi 2018.

Terjun ke dunia debat, Lele mengaku jika sedari kecil ia adalah tipe orang yang cerewet. Jadi, ia ingin menyalurkan hobinya berbicara di jalur yang tepat. 

"Sebenarnya untuk mengisi waktu luang. Karena tertarik pada dunia debat, saya jadi mulai belajar tentang hukum dan akhirnya mantap masuk ke Fakultas Hukum. Dan ketika saya punya prestasi dari bidang ini, saya jadi senang karena ada sesuatu yang bisa saya capai,”

Belajar Manajemen Waktu 
Kuliah sambil meenjalani profesi sebagai driver ojol tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Lele mengungkapkan jika ia harus pintar-pintar membagi waktu antara jam kuliah dan jam narik. 

"Kalau ada jadwal kuliah pagi, nariknya siang. Kalau ada kuliah siang, nariknya jadi pagi hari," bebernya. 

Walau menjadi driver ojol di sela waktu kuliah, perempuan berusia 21 tahun ini juga tetap tidak mengabaikan untuk mengerjakan tugas loh. 

"Biasanya sih kalau ada tugas dibawa saat lagi narik dan dikerjakan sambil nunggu orderan. Saya ingin tetap melakukan hal yang bermanfaat walaupun lagi kerja. Kalau lagi ada lomba sih menyesuaikan, jadi intensitas nariknya sedikit dikurangi karena fokus terhadap lomba,” ceritanya panjang lebar. 

Saat ini Lele sendiri sudah menyelesaikan studionya di Universitas Diponegoro Semarang dan dinyatakan lulus dengan  predikat cumlaude sekaligus mengantongi IPK 3,67. Ditanya mengenai rencananya setelah ini, Lele mengaku jika ia ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Saya sih masih ingin melanjutkan kuliah S2, kalau bisa sih tetap ingin di sini (Universitas Diponegoro)," pungkasnya. 


Foto: Dok. Pribadi Leony

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler