Tips Memulai Gaya Hidup Zero Waste dari Amanda Zahra Marsono

Bandung - Gaya hidup zero waste sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Hanya saja gaungnya baru santer terdengar sekarang-sekarang ini, sebab banyak gerakan zero waste di kota-kota besar yang mulai muncul ke permukaan.

PR & Project Manager Zero Waste Indonesia, Amanda Zahra Marsono berbagi tipsnya nih buat TemanBaik yang ingin memulai gaya hidup zero waste. Yuk simak!

Temukan Dulu Kenapa Alasannya
Menurut Amanda memulai gaya hidup zero waste itu susah-susah gampang. Teruslah tanya kepada diri kamu sendiri, apa yang membuatmu ingin melakukan gaya hidup zero waste.

"Find the reason why. Selalu tanya kenapa, kenapa pengen mulai zero waste. Saya sih lebih memilih repot di dunia dari pada di akhirat. Apa yang kita punya, semua yang kita pakai di badan kita akan dipertanggungjawabkan nantinya," ujarnya.

Baca Ini Juga Yuk: Perjuangan Siska Nirmala Jadi Petualang Nol Sampah

Mulailah dari Hal Terkecil
Sebagai pelaku gaya hidup zero waste, ia sendiri sangat mengapresiasi ketika melihat banyak orang mulai sadar untuk melakukan gaya hidup zero waste. Seperti yang ia lihat di acara Tukar Baju Bandung beberapa waktu lalu.

"Saya apresiasi banget yang ke Tukar Baju sudah bawa totebag sendiri. Coba deh kalau lagi shopping nanti juga dibawa totebagnya, agar bisa meminimalisir sampah plastik. Bisa juga mulai bawa tumbler ke mana-mana," paparnya.

Jangan Mudah Menyerah
Bagi Amanda, zero waste bisa menyadarkan kita untuk hidup lebih sederhana dan mindfull. Karena itu lah ketika ia jadi lebih banyak berpikir ketika ingin membeli sesuatu. Intinya, jangan gampang menyerah ketika kita tengah melakukan gaya hidup zero waste namun ada penghalang.

"Ketika saya beli minuman tapi enggak bawa tumbler, saya jadi mikir berkali-kali, malah ujugnya enggak jadi beli. Hal-hal kayak gitu bisa membuat kita jadi lebih hemat. Secara perlahan mulai manahan diri kita juga sifat konsumtif," bebernya.


Foto: Mentari Nurmalia/beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler