Difabel Tak Halangi Mahasiswa UGM Ini Raih Segudang Prestasi

Yogyakarta - Keterbatasan tidak menjadi halangan bagi seseorang untuk dapat meraih mimpi dan tentunya berprestasi. Seperti sosok pemuda yang satu ini.

Ia adalah Muhammad Fahmi Husaen. Mahasiswa Prodi Komputer dan Sistem Informasi Sekolah Vokasi (SV) UGM ini punya sejumlah prestasi yang membanggakan loh.

Meski memiliki keterbatasan fisik akibat mengidap Duchne Muscular Distropy (DMD), yang menjadikannya tak mampu lagi berjalan sejak kelas 4 SD, namun hal tersebut tidak menghalanginya untuk berprestasi.

Berbagai penghargaan berhasil diraih Fahmi dari berbagai ajang kompetisi. Mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Fahmi berhasil meraih penghargaan di Special Mention Indonesia ICT Award 2013 dan meraih Medali Perak OSN Karya Ilmiah Inklusi 2015.

Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi Finalis Toyota Eco Youth 2016, Top 5 Design Mucle Car Indonesia Electric Car Design Contest 2018 serta Nominasi Samsung Global Startup Acceleration Program 2018.

Fahmi juga berhasil mengantongi Medali Emas Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-31 kategori Presentasi dan Poster 2018 dan Delegasi Sekolah Vokasi dalam The Internasional Seminar of Technology Sustainbility 2018.

Berikutnya, Medali Perak Seoul Internasional Invention Fair 2018, Special Award dari King Abdul Aziz University di Seoul Internasional Invention Fair 2018, dan Mahasiswa Berprestasi Favorit UGM 2019.

Belum lama ini, Fahmi juga meraih penghargaan Pemuda Difabel Berprestasi dalam Anugerah Kepemudaan 2019 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) loh.

Melansir laman ugm.ac.id, pria berusia 22 tahun ini mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Kemenpora padanya.

"Saya sangat berterima kasih pada Kemenpora atas apresiasi dan perhatiannya dan terima kasih juga kepada UGM yang selalu mendukung saya dalam berprestasi," ujar putra pertama pasangan Anik Marwati dan Murtandlo ini.

Anugerah Kepemudaan sendiri merupakan penghargaan bagi sosok-sosok yang memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional dalam bidang-bidang tertentu. Dengan pemberian penghargaan ini, diharapkan mampu memotivasi pemuda Indonesia untuk terus berkreasi, berinovasi, serta berprestasi.

Sederet penghargaan yang diraih Fahmi menjadi bukti kalau keterbatasan tidak menghambat dan membatasinya untuk berinovasi, berkreasi, serta berprestasi.

Fahmi berharap prestasi yang telah diraihnya dapat menginspirasi dan memotivasi pemuda di tanah air, terutama para penyandang disabilitas agar dapat berprestasi dan lebih aktif dalam berkarya. Sukses selalu untuk Fahmi!

Foto: ugm.ac.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler