Belajar Menerima dan Percaya Diri dari Ucita Pohan

Jakarta - TemanBaik ada yang punya masalah soal rasa kepercayaan diri? BeritaBaik berkesempatan berbincang dengan penyiar sekaligus penulis Ucita Pohan nih buat membahas lebih dalam soal percaya diri.

Menurut Ucita, tak hanya pekerjaan di bidang hiburan sepertinya yang memerlukan kepercayaan diri, pekerjaan lain juga membutuhkan rasa kepercayaan diri loh.

"Aku memang harus tampil dan membutuhkan kepercayaan diri. Padahal menurut aku, pekerjaan apapun membutuhkan kepercayaan diri, bahkan istilahnya manusia itu memang butuh kepercayaan diri masing-masing," jelasnya saat ditemui dalam acara Self Love Talk di Loophaus, Jakarta Selatan, Sabtu (30/11/2019).

Ucita juga menjelaskan bagaimana pertama kali ia belajar percaya diri. Awalnya ia belajar berbagai teori percaya diri agar dapat tampil maksimal untuk kebutuhan pekerjaannya.

"Dulu pertama kali belajar gimana sih harus pede (percaya diri) dan lain-lain itu memang tuntutan untuk tampil. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, di awal aku belajar untuk tampil percaya diri itu harus abcd, ada teorinya. Nah diikuti tuh teorinya memang iya betul aku terlihat jadi orang yang percaya diri, terlihat kan tapi dalamnya belum tentu," ungkapnya.

Namun, meski telah berhasil belajar untuk percaya diri, ia mengaku hal itu dilakukan karena keadaan. Padahal nih TemanBaik, rasa percaya diri itu harus datang dari penerimaan diri.

Baca Ini Juga Yuk: Perjalanan Mencintai Diri Sendiri ala Meira Anastasia

"Sampai pada titik di mana aku merasa oh ternyata yang aku lakukan itu, dengan mengikuti tips-tips tersebut itu cuma membuat berakting seperti orang percaya diri gitu. Tapi sebetulnya, makin ke sini makin sadar kalau kepercayaan diri itu harus datang dari penerimaan diri," ujar perempuan yang juga kerap menjadi MC ini.

Menurut Ucita percaya diri dan berani tampil adalah dua hal yang berbeda. "Karena dari judulnya saja percaya diri, percaya diri itu artinya percaya, believe to yourself bukan berani tampil," paparnya.

Setelah mengetahui perbedaan percaya diri dan berani tampil, Ucita pun mencari cara yang tepat untuk mendapatkan rasa kepercayaan diri.

"Berani tampil itu performing, tapi percaya diri itu believing in yourself. Itu dua hal yang sangat berbeda yang aku pikir sebelumnya adalah hal yang sama. Setelah itu barulah aku mencari formulanya untuk mendapatkan si rasa kepercayaan diri itu buat diriku sendiri," ujar penyiar Radio Cosmopolitan Jakarta ini.

Rasa percaya diri juga bisa didapat dengan menghargai diri sendiri dan orang lain. "Dengan cara lebih menerima dan lebih menghargai diri sendiri juga menghargai orang lain. Karena dengan aku menghargai, melihat dan memaklumi orang, maka aku juga bisa menghargai diri aku sendiri," tutupnya.


Foto: dok. Avitia Nurmatari/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler