Windy Cantika, Lifter Remaja Berprestasi Peringkat Dua Dunia

Bandung - Prestasi membanggakan datang dari kontingen Merah Putih yang sedang berlaga di SEA Games 2019 yang dilangsungkan di Filipina sejak 30 November-11 Desember 2019. Adalah atlet angkat besi alias lifter putri bernama Windy Cantika Aisah yang sukses memboyong medali emas ketiga untuk Indonesia.

Windy sendiri turun di kelas 49 kg putri, atlet asal Bandung ini berhasil memperoleh medali emas lewat cabang olahraga angkot besi pada ajang SEA Games 2019. Ia bertanding pada Senin pagi (02/12/2019) di Rizal Memorial Stadium Manila, Filipina.

Medali emas tersebut berhasil menjadi miliknya setelah ia sukses mengangkat beban sebesar 86 kg pada angkatan ketiga snatch. Karena emas yang diraihnya itu, Windy menambah torehan medali emas yang diperoleh Indonesia di ajang SEA Games 2019 menjadi tiga medali emas.

TemanBaik belum mengenal sosok atlet berprestasi yang satu ini? Windy sendiri bisa dibilang memperoleh talentanya dari sang Ibu yang juga merupakan atlet angkat besi tanah air era 80-an. Ibunya bernama Siti Aisyah. Sederet prestasi pun pernah diraih oleh sang Ibu di berbagai kejuaraan. Karena itu tak heran jika sekarang Windy berhasil menorehkan prestasi serupa.

Diketahui, Windy sendiri berlatih angkat besi sejak kelas 2 SD. Hal yang menginspirasinya untuk menjadi atlet adalah karena sang Ibu kerap menceritakan pengalaman demi pengalamannya kepada Windy.

Baca Ini Juga Yuk: Bali Bakal Jadi Pusat Latihan Dancesport SEA Games 2019

Setelah bertahun-tahun berlatih, saat ia duduk di kelas 5 SD, Windy lalu bergabung dengan klub angkat besi yang dipimpin oleh mantan lifter nasional, Maman Suryawan.

Perjalanan panjang kariernya menjadi atlet kini membawa remaja kelahiran Bandung, 11 Juni 2002 ini menjadi andalan angkat besi Indonesia. Ia pun menjelma menjadi atlet yang matang dan berprestasi di berbagai kejuaraan, mulai dari level nasional hingga internasional.

Pada level nasional, perempuan berusia 17 tahun itu pernah memperoleh satu emas di POPNAS 2017, tiga emas di ajang Kejuaraan Nasional PPLP 2018, serta tiga emas di Kejuaraan Nasional Senior/Yunior Angkat Besi 2018.

Selanjutnya, Windy juga berhasil menjadi juara nasional pada Kejuaraan Nasional Angkat Besi 2019 yang berlangsung pada Agustus 2019 lalu.

Sementara itu, pada level internasional, Windy juga sukses meraih prestasi demi prestasi. Sebut saja peringkat empat di Piala EGAT 2018 di Thailand, memperoleh tiga medali perak di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Yunior 2019 di Suva, Fiji.

Walau pun masih berusia 17 tahun, kiprahnya sebagai atlet remaja tidak bisa dianggap remeh, sebab di usianya yang sekarang ia sudah memberikan prestasi membanggakan bagi tanah air. Saat ini Windy menempati peringkat dua dunia untuk angkat besi kategori remaja.

Setelah mengikuti SEA Games 2019 di Filipina, Windy juga bakal mengikuti Olimpiade 2020 di Tokyo.


Foto: Instagram.com/windycantika11


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler