Sosok Viral Uha & Oho yang Masuk Gorong-gorong untuk Atasi Banjir

Bandung - TemanBaik tahu enggak Sejak Sabtu (28/12/2019) di media sosial viral dua sosok pria yang mengatasi banjir di salah satu daerah di Kota Bandung? Dalam video itu, terlihat satu orang memegang tangga dari bambu yang dimasukkan ke dalam gorong-gorong. Seementara satu orang lain masuk ke dalam gorong-gorong. Tak lama berselang, air dalam gorong-gorong langsung terlihat lenyap.

Siapa sih mereka? Mereka adalah Uha (42) dan Oho (49) yang akrab disapa Mang Uha dan Mang Oho. Keduanya adalah warga Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Aksi masuk ke gorong-gorong itu sebenarnya terjadi di Jalan Syahroni pada Rabu (25/12/2019), tapi baru viral beberapa hari kemudian. Simak cerita mereka yuk!

Mang Uha dan Mang Oho adalah sama-sama pekerja serabutan. Mereka kerap membantu membersihkan kawasan sekitar dari sampah sejak 20 tahun lalu. Biasanya, mereka bekerja sepaket alias selalu berdua. Mereka hanya diupah seikhlasnya oleh warga.

Tapi, untuk membersihkan gorong-gorong seperti yang viral di video, hal itu baru dilakukan sejak 2017 lalu setelah gorong-gorong sering tersumbat. Mang Uha biasanya masuk ke dalam gorong-gorong, sedangkan Mang Oho memegang tangga.

Yang paling menyita perhatian tentu Mang Uha karena mau masuk ke dalam gorong-gorong sedalam 4 meter. Terbayang kan sama TemanBaik apa isi dari gorong-gorong? Uniknya, begitu keluar dari gorong-gorong, Mang Uha mengacungkan kedua jempol tangannya dan mengatakan 'rasa stroberi'.

"Ini mah inisiatif aja, bukan ingin viral atau apa. Cuma kasihan saya lihat warga, airnya tersumbat, banjir (akibat gorong-gorong tersumbat)," kata Mang Uha saat ditemui di Balai Pertemuan RW 03 Kelurahan Cikutra, Senin (30/12/2019).

Tak ada sedikit pun pikiran untuk menjadi terkenal. Dalam benak Mang Uha dan Oho. Bagi mereka, yang penting adalah lokasi sekitar tempat tinggalnya tak banjir dan dikeluhkan warga.

Mang Uha sendiri mengaku sudah tahu celah gorong-gorong dan di mana biasanya sumbatan terjadi. Karena itu ia bisa dengan mudah membuat gorong-gorong kembali lancar. Sampah yang menyumbat pun beragam, mulai dari plastik, pembalut, popok bayi, hingga batu dan pasir.

"Habis dari gorong-gorong saya enggak sakit atau apa. Biasa aja. Itu mah rasa stroberi," ucap Mang Uha sambil berkelakar.

Keahlian Mang Uha didapat secara otodidak. Kuncinya adalah keberanian. Ia sama sekali tak takut terbawa arus. Selain itu, ia punya keyakinan atas apa yang dilakukannya.


Tak Bisa Tidur Dua Hari
Usai aksinya viral, Mang Uha dan Mang Oho mengaku kesulitan tidur, terutama Mang Uha. Sebab, banyak pihak yang menemuinya untuk sekadar mengucapkan terima kasih dan apresiasi. Banyak juga yang meneleponnya, termasuk wartawan yang ingin mewawancarainya.

"Saya enggak bisa tidur dua hari. Kaget saya jadi begini, enggak tahu mau viral," ungkap Mang Uha.

Mang Oho juga mengutarakan hal serupa. Sama sekali ia dan Mang Uha tak ingin terkenal dan dianggap sebagai pahlawan. Apalagi, yang dilakukan keduanya dinilai sebagai hal biasa dan sering dilakukan.

"Di sini jarang yang mau ngerjain kalau gorong-gorong tersumbat. Dari dulu kita berdua yang membersihkan kalau tersumbat. Biasanya, satu orang turun (Mang Uha), saya pegang taraje (tangga bambu)," tutur Mang Oho.

Sosok Mang Uha dan Oho sendiri dikenal sebagai warga yang baik. Mereka tak pernah perhitungan meski melakukan hal yang berbahaya bagi diri mereka. "Mereka dikenal baik, disuruh-suruh juga mau walaupun dibayar seikhlasnya, ada yang ngasih Rp5 ribu, Rp10 ribu, Rp20 ribu. Kemarin juga inisiatif mereka bersihin gorong-gorong," tutur Sekretaris RW 03 Kelurahan Cikutra Rudi Supriadi.

Di lingkungan sekitar, menurutnya tak ada warga yang mau dan nekat seperti Mang Uha dan Mang Oho. Alhasil, keduanya selalu jadi andalan warga jika ada gorong-gorong yang tersumbat. "Enggak ada yang mau. Kalau bersihin sampah-sampah kecil mah banyak yang mau, tapi kalau masuk ke gorong-gorong seperti itu pada enggak mau," jelas Rudi.

Disambut Bak Pahlawan
Kenekatan Mang Uha dan Mang Oho pun mendapat sambutan luar biasa dari warga. Senin (30/12/2019), warga sekitar banyak yang berkumpul di sekitar Balai Pertemuan RW 03. Sebab, ada pemberian apresiasi dari Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Sebelum kegiatan berlangsung, banyak warga yang mengajak Mang Uha dan Mang Oho bersalaman. Bahkan, mereka seolah mendadak jadi artis karena banyak yang meminta berfoto bareng.

Meski kini terkenal, keduanya mengaku akan tetap seperti sekarang. Mereka tetap mau membersihkan gorong-gorong. "Kita mah bukan artis. Kalau disuruh bersihin gorong-gorong di mana pun mau," ucap Mang Uha.

Mewakili Pemkot Bandung, Oded menyampaikan rasa terima kasih atas kinerja mereka berdua meski tak dibayar. Mereka dinilai sebagai cerminan warga yang heroik. Ia pun memberikan apresisasi berupa sembako dan uang tunai. "Nanti mereka juga dikasih sepeda, siang diambil di Pendopo," ujar Oded.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler