Alvinska, Bereksperimen Membuat Menu Masakan Berbahan Bunga

Bandung - TemanBaik, biasanya kita memanfaatkan bunga sebagai tumbuhan yang seringkali mempercantik halaman rumah, bahkan sebagian orang menggunakan bunga sebagai hiasan di dalam rumah. Tapi ternyata bunga juga bisa diolah menjadi bahan makanan loh!

Seperti yang dilakukan oleh Alvinska. Perempuan yang akrab disapa Vinska ini menyalurkan kegemarannya terhadap bunga dengan bereksperimen membuat menu makanan yang melibatkan bunga sebagai salah satu bahannya. 

Saat ini, Vinska merupakan pencetus menu dengan olahan bunga di Kyomi Space. Sebuah kafe yang terletak di daerah Dago, Kota Bandung. Vinska bersama pasangannya Afif yang merupakan pendiri Kyomi Space bekerjasama memperindah Kyomi Space dengan hal yang mereka sukai, yaitu bunga.

Saat diwawancarai oleh Beritabaik.id, Vinska mengaku memasak merupakan hobi baru yang digemarinya secara tak sengaja. Berawal dari keadaan pandemi yang membuat Vinska mencari kegiatan agar bisa tetap produktif.

"Aku dan Afif (pasangan) mencoba masak dan jualan makanan. Waktu itu sempat mengeluarkan merek 'Moedal Kawien' karena emang jualan buat modal nikah," ujar Vinska.

Rupanya berawal dari iseng mencoba, Vinska menjadi ketagihan memasak dan mencoba berbagai menu baru. Sejak itu, memasak menjadi kegiatan rutinnya selama di rumah saja akibat pandemi.

Lalu Vinska yang sejak dulu memang akrab berkegiatan dengan serat alam termasuk bunga mencoba mengkombinasikan hobi masak dan kegemarannya dengan bunga. Vinska mulai mempelajari tentang edible flowers atau bunga yang bisa dimakan.


Baca Ini Juga Yuk: Nia Kurniati, Perempuan Tangguh yang Terbiasa dengan Jenazah

Ketertarikan Vinska untuk mempelajari tentang edible flowers diakuinya juga didukung oleh pasangannya Afif yang memang gemar akan bunga. Jadi bunga di Kyomi Space tidak hanya untuk hiasan meja, tetapi juga ada yang bisa dimakan.

Hingga saat ini, sudah dua resep olahan bunga yang berhasil Vinska ciptakan dan tersedia di Kyomi Space. Kedua menu itu adalah 'Cookies Edible Flower' dan 'White Grape Flower Ice'.

Diakui Vinska, membuat 'Cookies Edible Flower' tak semudah yang dibayangkan. Ia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan resep yang pas. Karena pada dasarnya bunga mengeluarkan rasa yang berbeda-beda ketika dimasak.

"Aku mempelajari banget tentang bunga yang bisa dimakan atau tidak. Jadi aku makan bunga terus-terusan. Sampai akhirnya menemukan bunga yang cocok jika dikombinasikan dengan kue," terang Vinska.

Namun untuk 'White Grape Flower Ice', Vinska lebih mudah untuk mendapatkan resep yang sesuai. Karena sebenarnya minuman ini hanya menonjolkan sisi otentik dari balok es yang ditambahkan bunga. 


Balok es dengan bunga pada minuman White Grape Flower Ice awalnya dibuat Vinska karena hendak mengurangi sampah makanan. "Jadi bunga di esnya itu adalah sisa dari bunga yang diolah jadi kue. Sayang sekali kalau sudah dipetik tapi tidak dimanfaatkan," tambah Vinska.

Sejauh ini, banyak bunga yang sudah dimanfaatkan Vinska untuk diolahnya menjadi makanan. Beberapa diantaranya adalah bunga pansy, viola, aster, daisy, daun mint, dhiantus, cosmos, nasturtium, chrysan, hingga mini rose. 

Saat bereksperimen mengolah kue menjadi makanan, Vinska tentu saja tidak terlepas dari kegagalan. Apalagi, Vinska yang sejak awal tidak punya latar seorang koki tentu belajar memasak dari nol. Namun kegagalan ini lah yang membuat Vinska terus belajar hingga menemukan resep yang sempurna.

Selama belajar memasak, Vinska mengaku hingga saat ini ia sangat puas jika resep olahan bunganya berhasil. Ada kepuasan dan kesenangan tersendiri yang dirasakan Vinska ketika menemukan sesuatu yang baru.

"Saat bikin menu dengan bunga-bunga suka jadi gemes sendiri. Karena selain enak saat dimakan, dilihat dengan mata juga cantik sekali," ujar Vinska. 

Hingga saat ini Vinska masih terus belajar dan bereksperimen untuk menemukan resep-resep masakan baru dengan olahan bunga di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah 'Edible Flowers Puding' dan minuman teh bunga yang tentu nantinya akan disajikan di Kyomi Space. 

TemanBaik penasaran dengan menu-menu olahan bunga yang dibuat Vinska? Jika iya, langsung saja mencicipinya di Kyomi Space ya!

Selain itu, Vinska juga bisa menginspirasi kita jika tidak ada yang tidak mungkin ketika kita mau serius belajar. Buktinya Vinska yang tidak memiliki keahlian memasak pada awalnya, kini bisa menciptakan menu-menu masakan unik dari bunga. Gimana TemanBaik, sudah ada keahlian baru yang kamu miliki selama di rumah saja?

Foto : dok. Alvinska/ instagram.com/alvinska

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler