Cerita Elma, Meraih Mimpi untuk Bertualang ke Luar Negeri

Malang - TemanBaik, kali ini kita berkenalan dengan Anggita Elmawinda. Perempuan yang becita-cita untuk berkeliling dunia, saat ini berprofesi sebagai Social Media and Marketing Manager untuk salah satu perusahaan ecommerce, Harvest Melbourne di Australia. Berkat kerja kerasnya, Ia akhirnya dapat mewujudkan mimpinya selama ini

"Aku punya mimpi travel the world," ujar perempuan kelahiran Mataram, 11 April 1996 tersebut.

Perempuan yang akrab disapa Elma ini mengaku telah berupaya keras untuk bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Semasa kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Elma kerap terlibat dalam berbagai acara dan organisasi, baik tingkat lokal, nasional, hingga internasional. Baginya, mimpi tidak bisa dicapai dengan berleha-leha.

"Aku orangnya ambisius. Jadi aku sadar betul bahwa harus berjuang. Apapun caranya aku akan cari jalan, yang penting halal. Misalnya kalau gak ada duit untuk dukung cita-citaku, aku jualan dan lain-lainnya," ucapnya.

Untuk mewujudkan mimpinya berkeliling dunia, perempuan lulusan tahun 2018 tersebut berjuang menghabiskan waktu di kampus dengan terlibat di banyak kegiatan.

Mulai dari Learning Express Program (Lex) Singapore, Association Internationale des Etuadiants Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC), lomba-lomba Public Relation, kepanitian acara dengan TV swasta nasional, Komunikasi Beraksi (Komaksi), International Gathering Dharmasiswa, Film Festival hingga FISIP Dance.

"Aku percaya, bahwa dengan banyaknya kegiatan dan networking yang dibangun maka akan banyak pengalaman, banyak teman, banyak relasi dan Alhamdulillah, semua pekerjaanku dapatnya enggak susah-susah banget. Semua datangnya dari networking," imbuhnya.



Baca Ini Juga Yuk: Adinda Priyanti, Mengekspresikan Diri Lewat Tata Rias Wajah

Elma bercerita, semasa kuliah ia gemar menyambangi corner-corner (pusat studi) yang ada di kampusnya. Dari sana, ia banyak mendapat informasi berbagai kegiatan hingga peluang karir internasional.

"Bantuan dari 'International Relation Officer' atau IRO dan 'American Corner' yang benar-benar terlibat banyak dalam pengembangan diri. Aku bisa menemukan teman dan dapat networking yang bagus disana," tandas Elma.

"Seminar-seminar yang digelar juga betul-betul memberikan pengetahuan baru. Aku juga bergabung di 'China Corner' untuk ikut kursus budaya Cina dan kelas Bahasa Mandarin gratis selama enam bulan," kenangnya.

Perjuangannya mencari jejaring internasional melalui fasilitas kampus itu, membuat mimpi Elma semakin dekat untuk diraih. Dengan usahanya tersebut, saat tengah menempuh tugas akhir, ia mendapat peluang untuk bergabung sebagai 'National Director of Brand Customer Experience Facebook' and AIESEC Cambodia 1819. Dengan kerja kerasnya, Ia mampu menyelesaikan studinya untuk langsung bekerja di Kamboja.

"Sebelum lulus aku sudah keterima sebagai 'National Director of Brand Customer Experience Facebook' and AIESEC Cambodia 1819, padahal skripsi belum selesai. Akhirnya ngebut, dan bolak-balik Kamboja-Indonesia mulai dari mengurus visa sampai training sambil mengerjakan skripsi. Usai wisuda, besoknya langsung melesat ke Kamboja dan mulai bekerja," sambung Elma.

Tak berhenti di situ. Di akhir masa kontraknya dengan AIESEC dan Facebook Kamboja, ia ditawari bergabung sebagai 'Staff Assistant Intern at Consuler & Protocol of Consulate General of The Republic of Indonesia Melbourne'. Setelahnya, Elma kembali mendapat tawaran yang lebih menantang yakni bekerja sebagai Social Media and Marketing Manager di sebuah ecommerce di Melbourne, Australia hingga saat ini.

"Aku bersyukur diberi kepercayaan ini apalagi sebagai manajer yang boleh mengatur apapun. Gaji yang ditawarkan juga sesuai. Saat ini aku mengatur segalanya, apapun, mulai dari mengumpulkan vendor, maintenance situs web hingga training sales. Semua dipelajari secara otodidak," urainya.

"Aku termasuk orang yang meng-update skill dengan cepat. Jadi, buat teman-teman, pesan saya jangan takut ambil resiko, jalani saja," tegasnya.

Sebagai anak muda yang terbilang sukses bolak-balik mendapatkan tawaran kerja di luar negeri, Elma juga berpesan kepada siapa saja agar terus memperjuangkan cita-citanya.

"Semua yang diharapkan akan terwujud sesuai dengan kerja keras yang dilakukan. Jangan lupa, work hard, dream hard," pungkasnya.

Foto: dok. UMM 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler