Lody Lontoh, Master Aerobik yang Berjuang Sejak Usia 7 Tahun

Bandung - TemanBaik, kenal dengan sosok Lody Lontoh? Pria kelahiran Jakarta, 19 Agustus 1980 itu adalah master senam aerobik Indonesia. Ia sudah menuai beragam prestasi dari tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional.

Perjalanan Lody menjadi pesenam aerobik pun menarik. Bahkan, ia sudah mulai menggeluti olahraga tersebut sejak di usia sangat belia. Simak kisahnya, yuk!

Saat berusia 7 tahun, Lody mulai akrab dengan senam aerobik. Hal itu karena sang ibu merupakan instruktur senam

"Saya belajar langsung dari mama, saat masih remaja dan hingga sekarang tetap jadi atlet senam aerobik," kata Lody di laman Kemenpora.

Dari situlah ia mulai menempa dirinya dan semakin lama minatnya jadi atlet semakin kuat. Meski awalnya tak mau menjadi atlet, sang ibu memberi dorongan semangat yang luar biasa.

"Awalnya saya enggak mau, tapi mama bilang nanti bisa ikut PON dan SEA Games. Akhirnya, ucapannya seorang ibu adalah doa, dan itu terbukti untuk saya," tuturnya.

Kebanggaan tak Ternilai
Seiring perjalanan waktu, Lody akhirnya benar-benar menjelma jadi atlet senam aerobik yang andal. Beragam prestasi pun ia raih. Ia pun mendapat kepuasan tersendiri, terutama ketika bendera Merah Putih berkibar di ajang internasional.

Baginya, kebahagiaan dan kebanggaan yang ada tak ternilai apapun, apalagi ketika Merah Putih dikibarkan dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Hal itu jadi bukti bahwa perjuangannya tak sia-sia dan bisa mengharumkan nama bangsa.

Baca Ini Juga Yuk: Belajar Konsistensi dari Atlet Blind Judo Miftahul Jannah

Ragam prestasi membanggakan yang pernah diraihnya pun tak pernah membuat puas. Ia terus termotivas untuk menghadirkan deretan prestasi. Apalagi, ia sangat menyukai olahraga yang ditekuninya itu.

"Saya hampir tak pernah merasa ada duka selama menekuni senam aerobik ini," ungkap atlet yang pertama kali turun di ajang PON pada 2020 ini.

Pemerintah pun mengganjar deretan prestasi Lody untuk Indonesia dengan menjadikannya aparatur negeri sipil (ASN) pelatih di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Berharap Jadi Penyemangat
Dalam kiprahnya di dunia senam aerobik, Lody ternyata punya misi lain. Ia tak hanya ingin menuai prestasi. Lebih dari itu, ia berharap menjadi penyemangat bagi masyarakat.

Lody berharap kiprahnya bisa membuat senam aerobik semakin digandrungi masyarakat Indonesia. Sebab, olahraga ini tentu bisa bikin tubuh sehat. Bahkan, jika ditekuni serius, bukan tak mungkin bisa menghadirkan prestasi manis.

Apalagi di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diharapkan makin giat berolahraga, termasuk senam aerobik. Sebab, kegiatan olahraga seperti itu tentu bisa membuat tubuh lebih sehat dan punya menjaga imunitas agar terhindar dari paparan penyakit.

"Senam benar-benar sangat bermanfaat, apalagi di tengah situasi pandemi. Mari kita tetap berolahraga dan patuhi protokol kesehatan. Sehat selalu semuanya," pungkas Lody.

Foto: dok. Kemenpora

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler