Devina Hermawan, dari Kompetisi Hingga Berbagi Ilmu Masak

Bandung - TemanBaik, sudah kenal dengan sosok Devina Hermawan. Ia adalah jebolan ajang kompetisi memasak Master Chef Sesion 5. Dalam setahun terakhir, ia punya kesibukan baru loh, yaitu menjadi Youtuber lewat channel Devina Hermawan.

Ia memutuskan terjun jadi Youtuber karena melihat belum terlalu banyak tokoh yang menampilkan konten memasak melalui channel Youtube. Sehingga, kekosongan itu diangggapnya sebagai peluang untuk membagi ilmu dan kemampuannya di dunia masak-memasak.

Namun, ia tak mau asal-asalan. Sejak awal, ia sudah mengonsep konten yang ingin ditampilkan. Bahkan, tim yang dilibatkan dalam pembuatan konten adalah orang-orang profesional yang ahli di bidangnya.

"Memang disitu kita komitmen sama tim, semuanya kita persiapkan dengan baik. Kita komitmen uload video kalau bisa sih rutin," kata Devina.

Ia sendiri mengaku belum secara rutin mengunggah video memasak di kanal Youtube-nya. Dalam sepekan, ia bisa mengunggah video setiap hari. Namun, ketika sibuk, konten yang diunggah bisa hanya sepekan sekali.

"Kayak kemarin tuh akhir tahun, sempat cuti cukup lama karena kan memang perlu membagi waktu juga sama keluarga, itu kita hampir dua minggu kosong," ungkapnya.


                                                                        Foto: dok. Istimewa/instagram.com/@devisantry 

Baca Ini Juga Yuk: Witri Erdiawati, Guru SLB dan Penutur Bahasa Isyarat Kepolisian


Tembus 1 Juta Pengikut
Meski channel Youtube-nya baru berumur setahun, jumlah subscriber atau pengikutnya bisa menembus angka 1 juta. Angka ini jelas enggak mudah didapatkan.

Ibu dua anak itu mengaku tak punya trik khusus untuk mendapatkan 1 juta pengikut. Ia memandang suatu channel Youutbe diikuti banyak orang karena dua hal.

"Kalau menurut saya sih dua, entah informasinya berguna, kalau enggak, menghibur," ucapnya.

Ia sendiri lebih memilih fokus menghadirkan konten yang berguna, terutama seputar tips memasak. Ia pun kerap menyelipkan berbagai pengalaman dan kegagalannya memasak. Apaagi, ia berangkat belajar memasak secara otodidak yang banyak mengalami kegagalan ketika belajar memasak suatu resep.

"Kebetulan saya tuh belajar masak sendiri. Ketika belajar, pastinya tahu dong yang gagal-gagal tuh apa yang pernah dialami. Itu salah satu kunci kenapa kenapa konten orang banyak yang suka tuh karena banyak kasih info tentang kegagalan-kegagalan yang banyak terjadi kalau orang baru belajar masak," tuturnya.

Soal jumlah pengikut 1 juta orang, ia mengaku sangat bersyukur. Ia bahkan merendah jika pencapaian itu belum ada apa-apanya jika dibanding para Youtuber yang jauh lebih senior.

Namun, ia mengaku mendapat hikmah besar dari perjalanannya menjadi Youtuber. Lewat channel Youtube-nya, ia seolah punya komunitas tersendiri. Ia pun tak hanya mengajarkan penontonya, tapi secara pribadi belajar banyak hal, mulai dari ilmu baru, skill baru, hingga bisa bekerja sama dengan aneka brand nasional dan internasional.

"Itu semua karena saya membuka channel Youtube. Jadi, di situ banyak juga skill yang bisa dikembangkan. Jadi, enggak cuma itu-itu aja (kemampuannya)," kata Devina.

Hadirkan Resep Sederhana
Devina sendiri menghadirkan berbagai resep masakan melalui channelnya. Namun, mayoritas resep yang dihadirkan adalah resep yang mudah dibuat oleh penonton. Ia pun kerap membagi trik mengganti bahan atau peralatan jika tak dimiliki penontonnya.

Selain itu, ia kerap menghadirkan resep makanan yang sedang hits atau favorit banyak orang. Bahkan, ia banyak mendapat kabar jika dari resep menu sederhana atau hits yang dibuatnya justru menjadi bisnis bagi penontonnya. Mereka membuat resep yang diberikan Devina kemudian menjualnya.

Hal itu memberi rasa kepuasan tersendiri baginya. Sebab, itu menandakan jika kontennya bisa memberi manfaat bagi orang lain. Itu sejalan dengan misi awal ia membuat channel Youtube.

"Kayak misalnya (resep) siomay atau dimsum, itu kan makanan favorit banyak orang. Ketika saya bikin resep itu (dan diunggah ke Youtube), banyak orang yang tadinya benar-benar enggak ngerti cara bikin siomay, dicoba sesuai takaran, sesuai langkahnya, (penonton) ngerti. Bahkan bisa banyak juga yang sampai jualan," ungkapnya.

Foto: dok. Istimewa/Instagram.com/@devinahermawan 
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler