Laura Hermawati, Menemukan Diri yang Baru Saat Menjadi Ibu

Bandung - Mengalami perubahan dalam hidup rasanya menjadi suatu hal yang wajar ya, TemanBaik? Mengingat seiring berjalannya waktu kita akan terus berkembang dan melewati banyak hal.

Tak bisa dipungkiri selalu ada kekhawatiran yang menghampiri ketika memasuki setiap babak baru dalam hidup. Dipaksa meninggalkan zona nyaman untuk masuk dalam hal baru yang belum pernah kita alami sebelumnya.

Hal itulah yang dialami oleh Laura Hermawati saat ia mengambil langkah besar untuk meninggalkan pekerjaan impiannya sejak awal ia menjadi seorang ibu. Bukannya menyesal dengan keputusan ini, justru kini ia menikmati peran barunya. 

Ola, sapaan akrabnya, adalah seorang perempuan yang tumbuh di tengah alam, tepatnya di daerah pantai Pangandaran, Jawa Barat. Dekat dengan alam sejak kecil membuatnya memiliki hobi traveling (melakukan perjalanan), mengelilingi berbagai tempat di Indonesia bahkan dunia. 

"Berasa ada koneksi sama alam. Kalau lagi lelah, stres, banyak pikiran, terus ke alam tuh langsung fresh. Apalagi dulu aku dapat kerjaan jadi presenter acara traveling," cerita Ola kepada Beritabaik.id.


Bahkan hobi traveling juga membuatnya menemukan hobi lain yaitu menulis blog. Walau Ola mengakui awalnya ia tidak sengaja terjun ke dunia menulis karena dipaksa teman-teman kampusnya untuk mengikuti lomba menulis blog.

Meski awalnya tidak sengaja, tapi ternyata Ola menikmatinya hingga membuat blog sendiri. Blog pribadinya ia isi dengan berbagai cerita pengalamannya saat traveling. Apalagi saat tulisannya disukai oleh pembaca yang membuat Ola semakin termotivasi untuk menulis.

Bagi Ola, kedua hobinya yaitu traveling dan menulis blog memiliki keterkaitan yang kuat. Saat menulis, Ola merasa ia sedang mengajak pikirannya untuk berlibur sejenak dan asik dengan dunianya sendiri.

"Aku nulis saat sudah di rumah sepulang liburan, jadi kayak flashback lagi momen waktu lagi liburan. Terus dapat respon baik dari pembaca juga bikin senang, yang baca jadi kayak ikut liburan. Menulis bawa pengaruh positif juga ke aku," ujar Ola. 

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Dante Gondrong, dari Musik Rock Menuju Budidaya Jamur

Bukan hanya menulis untuk blog pribadinya, pekerjaan Ola sebagai presenter program traveling salah satu stasiun televisi juga membuatnya perlu menulis. Tak jarang, ia membuat tulisan sebagai bentuk kerjasama dengan dinas pariwisata setempat. 

Tak bisa dipungkiri dunia traveling dan menulis blog menjadi hobi sekaligus pekerjaan yang membentuk diri Ola pada masa remaja hingga ia dewasa. Ola cukup beruntung bisa menjadi orang yang berhasil mencapai impiannya. 


Memilih Menjadi Seorang Ibu
Memutuskan untuk menikah, kemudian mengandung calon buah hati pada tahun 2017 membuat Ola mengambil keputusan besar dalam hidupnya. Ia memutuskan meninggalkan pekerjaannya untuk sepenuhnya menjalani peran sebagai seorang ibu.

'I quit my dream job to be a mom', kalimat ini tertulis dalam akun instagram pribadi Ola untuk menggambarkan dirinya saat ini. Ola tak memungkiri jika ini bukanlah keputusan mudah dan banyak sekali kekhawatiran yang menghampirinya. 

"Pas awal tahu mau jadi ibu tetap ada dramanya ya. Ada kekhawatiran dimana aku biasanya bebas jalan-jalan terus jadi ibu yang aku belum tahu gimana, biasanya bisa berpenghasilan sendiri juga," aku Ola. 

Belum lagi Ola yang saat itu sedang menikmati pekerjaannya sebagai seorang presenter program traveling juga sangat mencintai lingkungan pekerjaannya. Bahkan ia tidak tahu apakah kesempatan ini ada kembali menghampiri dilain waktu. 

Namun segala kekhawatiran itu ditepisnya karena ia tahu betapa cepatnya perkembangan seorang anak. Ola semakin yakin untuk meninggalkan pekerjaannya karena tak mau melewatkan sedikitpun momen tumbuh kembang sang buah hati. 

Empat tahun sudah Ola menikmati perannya sebagai seorang ibu dan rupanya ia sangat menikmatinya. Tak ada sedikitpun penyesalan yang muncul terhadap keputusan yang dulu diambilnya. 

"Tetap enjoy dengan kehidupan yang sekarang. Mungkin orang ngeliatnya beda banget ya, dulu suka traveling suka petualangan yang ekstrim pula. Terus tiba-tiba sekarang jadi ibu. Tapi ternyata jadi ibu juga ekstrim banget kok hahaha," tawa Ola.

Tentu Ola tidak meninggalkan hobinya begitu saja. Bagi Ola, meski sudah berkeluarga ia tetap suka berwisata dengan suami dan anak-anaknya. Bahkan Ola merasa jalan-jalan tanpa tuntutan pekerjaan membuatnya lebih menikmati setiap momen dalam perjalanan dan bebas melakukan apapun yang diinginkan.

Bahkan jika bicara soal hobi traveling ini, Ola dan suaminya bermimpi untuk memiliki tempat berlibur yang nyaman untuk keluarga dan tak jauh dari pantai. 

"Jadi sisi traveling-nya dapat lagi. Apa yang kita suka gak kita tinggalkan. Justru harus tetap kita lakukan biar tetap waras saat jadi orang tua," tambah Ola. 

Bukan hanya hobi traveling yang tidak ditinggalkan, Ola juga masih melanjutkan hobi menulisnya. Hanya saja saat ini ia lebih banyak menulis soal parenting dan memilih Instagram sebagai wadah tulisannya. 

Walau begitu, bagi Ola saat ini tanggung jawabnya dalam menulis lebih besar dan buka sekadar berbagi pengalaman. Apalagi jika berbicara soal pola asuh, setiap anak dan orang tua memiliki pola asuh yang berbeda dan tidak bisa dipukul rata kecocokannya. 

"Tetap mengeluarkan pikiran melalui tulisan iya, tapi tanggung jawabnya lebih besar juga iya. Kalau nulis sesuatu yang salah takut jadi contoh buruk, atau misal gaya parenting aku seperti ini dan cocok di anak aku, tapi belum tentu cocok di anak lain," jelas Ola. 

Agar apa yang ditulisnya tak sekadar pengalaman, Ola pun melakukan riset sederhana terlebih dahulu saat hendak berbagi sesuatu. Jadi pengalaman yang dibagikannya juga dilandasi dengan fakta dari penelitian oleh ahlinya. 

"Jadi naik kelas deh nulisnya. Tapi akhirnya setelah mendapat respon dari ibu-ibu jadi semangat lagi untuk berbagi, liat respon baik jadi senang juga. Aku juga mau berbagi dan belajar bareng sama sesama ibu," tambah Ola. 


Terjun ke Dunia Bisnis
Rupanya menjadi seorang ibu memberikan banyak inspirasi bagi Ola. Tak lama setelah mengandung anak pertamanya pada tahun 2017, lagi-lagi secara tak sengaja Ola mencoba untuk mulai berbisnis. 

Berawal saat dirinya sedang mencari kebutuhan ibu dan anak, salah satunya adalah gendongan. Ola yang saat itu tak menemukan gendongan yang cocok memutuskan untuk membuat gendongan sendiri yang dirasa nyaman untuknya. 

Rupanya setelah dipakai, banyak orang sekitar yang tertarik dan bertanya soal gendongan buatan Ola. Dari sini Ola melihat ada peluang yang besar untuk dirinya berbisnis dalam produk kebutuhan ibu dan anak. 


Awalnya hanya memproduksi 10 produk gendongan dengan modal sedikit tapi Ola terus menembangkan bisnisnya. Hingga akhirnya lahirlah brand kebutuhan ibu dan anak yang Ola miliki sendiri, yaitu Mikhadou yang terinspirasi dari nama anak pertamanya. 

"Jadi awalnya gak niat di jual, mau bikin aja dulu untuk dipakai sendiri. Setelah banyak orang yang suka, kita riset lagi lebih panjang soal bahan, manual booknya, dan juga belajar untuk nyampein ini ke orang-orang. Jadi prosesnya lumayan panjang," cerita Ola saat ditanyai soal Mikhadou, bisnis pertamanya. 

Walau belajar soal bisnis dari nol, Ola tak memungkiri jika apa yang dijalaninya saat ini tak lepas dari pengalaman yang sudah membentuknya saat masih bergelut di dunia traveling dulu. Baginya menjadi seorang ibu, berbisnis, dan pengalaman traveling-nya masih sangat berkaitan. 

Dari traveling Ola mendapat banyak pengalaman baru, dihadapkan dengan berbagai tantangan, hingga bertemu dengan banyak orang yang membuatnya tak berhenti belajar. Semua hal tersebut rupanya juga dialaminya saat menjadi ibu dan menjalankan bisnis. 

"Apa yang aku dapat pas traveling terpakai di dunia aku sekarang. Saat berbagi soal parenting aku juga bertemu banyak orang baru. Bahkan jadi orang tua itu hal baru. Traveling juga proses untuk menikmati hidup, saat jadi orang tua pun kita berproses," ujar Ola.


Tetap Menemukan Diri Saat Menjadi Ibu
Pekerjaannya sebagai presenter traveling yang juga sejalan dengan hobinya, ditambah kesempatan untuk menuangkan pikiran dan perjalannya selama berlibur dalam tulisan membuat Ola menemukan dirinya. Masuk ke dalam hal yang sangat ia sukai, dan memberikan dampak baik untuknya.

Namun bukan berarti saat meninggalkan pekerjaan impiannya dan menjadi seorang ibu membuat Ola merasakan kehilangan dirinya. Melainkan Ola merasa sangat menikmati setiap peran yang dijalaninya saat ini, baik sebagai seorang istri, ibu, hingga saat berbisnis. 

Ola mengakui jika menjadi ibu memberikan perubahan yang sangat besar untuk dirinya. Banyak hal positif yang ia dapatkan, dan setiap tantangan yang dilaluinya membentuk Ola menjadi pribadi yang lebih baik.

"Misal bicara soal sabar. Jadi ibu aku belajar untuk sabar banget, nyuapin anak aja harus sabar. Lalu saat melayani pelanggan juga kan harus sabar. Jadi banyak banget proses parenting yang bisa diaplikasikan ke hal lain, dalam bisnis maupun sehari-hari," ujar Ola. 

Menjadi seorang ibu juga mengajarkan Ola untuk menjadi seseorang yang selalu positif dalam setiap situasi. Mengajarkannya untuk lebih memperhatikan dan menyayangi diri sendiri agar bisa memberikan yang terbaik untuk suami dan anak-anaknya. 

Tak Berhenti Bermimpi
Menjadi ibu dari dua orang anak tidak membuat Ola berhenti bermimpi. Bahkan di awal tahun 2021 ini tepatnya awal bulan April, Ola mewujudkan satu lagi impiannya. Bersama suaminya, Ola merintis toko luring pertama mereka yang diberi nama Sabinette by Mikhadou. 

Sabinette by Mikhadou merupakan sebuah wadah bisnis yang menawarkan berbagai produk kebutuhan ibu dan anak. Tak hanya itu, di sini juga diharapkan dapat menjadi tempat untuk para ibu berbagi dan belajar bersama. 

"Ini hal baru banget bagi kita, jadi proses pembelajaran baik itu dari bisnis, sistem, bahkan kerjasama tim diuji dengan waktu yang cukup singkat. Menurut aku kita semua di sini belajar merintis sama-sama," terang Ola.

Namun Ola merasa senang dan menikmati setiap proses yang dilaluinya dalam mengembangkan Sabinette by Mikhadou. Bahkan ia mendapat banyak kenalan baru yang dulu hanya bisa berbagi dengannya via online. 

"Pas ketemu langsung rasanya beda. Lucu aja kita kayak teman lama pas ngobrol padahal baru ketemu saat itu," tambah Ola. 

Semua perjalanan dan perubahan yang Ola lalui dapat membuktikan jika mimpinya tidak berhenti walau sudah menjadi seorang ibu. Memang saat ini tugas utamanya adalah menjadi istri dan ibu untuk suami serta anak-anaknya, tapi bagi Ola itu bukan alasan untuk dirinya berhenti memiliki cita-cita. 

Menurut Ola, tidak seharusnya peran ibu menghentikan segalanya. Bahkan seharusnya peran ibu bisa menjadi sumber inspirasi seorang perempuan untuk berkarya dan berkembang. 

Tak kalah penting, dukungan penuh dari keluarga juga harus diberikan. Bagi Ola, penting untuk mengutarakan apa yang para ibu inginkan kepada keluarga, suami, bahkan anak-anak agar lebih mudah untuk dilakukan. 

"Peluangnya besar banget kok untuk seorang ibu melanjutkan mimpinya. Bahkan aku lihat banyak banget orang yang lebih produktif setelah menjadi ibu. Dengan usaha dan manajemen waktu yang baik, aku yakin bisa tercapai," tutup Ola. 

Foto: Ridzky Rangga Pradana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler