Mandiri dan Berbagi Bahagia Lewat Bunga ala Oriana Dizza

Bandung - TemanBaik, senang sekali ya rasanya jika punya kesempatan untuk menggeluti profesi yang sesuai dengan kegemaran dan keahlian yang kita miliki? Sepertinya kita akan lebih enjoy dan senang menjalaninya.

Seperti cerita dari TemanBaik yang satu ini nih. Perempuan kelahiran Jakarta 22 tahun lalu ini sudah akrab dengan dunia seni sejak kecil. Ia adalah Oriana Dizza atau akrab disapa Dija.

"Awalnya dari ikut lomba pas 17 Agustusan dan menang terus. Pas kelas 3 SD, aku dikasih kado ulang tahun sama orang tua itu cat minyak. Jadi, dari SD udah biasa pegang cat minyak. Pas SMP juga lanjut ikut ekskul lukis," cerita Dija.

Tak hanya menggambar, kecintaan Dija pada dunia seni juga diimplementasikan dengan membuat berbagai kerajinan tangan seperti gantungan kunci dan gelang. Dija mengaku awal dirinya menyukai membuat kerajinan tangan karena kegemarannya menghias tas atau dompet dengan gantungan kunci.

Kegemaran Dija menggambar dan membuat berbagai kerajinan tangan ini membawa dirinya memiliki ketertarikan lebih pada bunga. Bagi Dija, bunga adalah sesuatu yang dapat membuat orang lain tersenyum dan menularkan kebahagiaan.

"Lewat bunga, aku mau berbagi kebahagiaan. Sekarang aku bisnis juga, terus kalau ada orang pesan bunga untuk merayakan hari bahagia, itu rasanya senang aja," ujar Dija.

Baca Ini Juga Yuk: Ratnauli Gultom, Petani Tangguh dari Silimalombu

Kecintaan Dija pada bunga membuatnya gemar meneliti berbagai jenis bunga hingga memiliki bisnis sendiri di bidang kerajinan tangan dan dekorasi bunga yang diberi nama Tumbas Origine dan Decoriigine.

"Sebenarnya Tumbas Originie itu olshop aku yang sudah beberapa kali rebranding. Kalau Decoriigine, isinya hasil dekorasi aku, karena alhamdulillah tahun ini aku banyak dipercaya buat dekor seserahan atau photoshoot," jelas Dija.

Dalam membangun bisnisnya, Dija mengaku ingin berkarya dan mengembangkan produk dengan gayanya sendiri. Salah satu caranya banyak memanfaatkan paper craft saat membuat rangkaian bunga.

Bahkan, saat melukis bunga, Dija melakukannya secara langsung loh, TemanBaik. Jadi, saat proses melukis, Dija secara langsung memegang bunga yang sedang dilukisnya sambil menuangkannya kembali ke dalam kanvas.

"Aku di kampus dibilangnya seniman bunga, karena sampai melukis pun inspirasi aku ya dari bunga. Tapi, kalau untuk dekor seserahan sih biasanya aku sesuai permintaan klien. Aku buat proposal dulu, baru nanti disesuaikan klien maunya seperti apa," ujar Dija.

Untuk membuat para pelanggannya puas, Dija juga mempelajari floriografi atau makna pada bunga. Sehingga, ia bisa turut merekomendasikan bunga yang cocok digunakan untuk suatu momentum.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Sunyi Junaengsih, Menyapu Jalan di Tengah Pandemi

Jenis bunga yang digunakan Dija dalam menjalankan bisnisnya juga sangat beragam. Mulai dari bunga asli, bunga palsu, hingga bunga yang diawetkan. Semuanya bisa disesuaikan dengan minat dan permintaan pelanggan.

"Kalau pakai bunga asli tentu lebih murah dan beragam jenisnya. Untuk dekorasi, bisa mix pakai bunga asli dan palsu. Kalau untuk seserahan, biasanya bunga palsu, karena kan bunga asli butuh air, enggak mungkin kita taro air di situ. Selebihnya, untuk buket, sesuai permintaan aja," papar Dija.

Berawal dari hobi hingga kini menjadi pekerjaan yang ditekuninya, Dija bersyukur karena mendapat dukungan penuh dari lingkungan sekitarnya, terutama kedua orang tua. Bahkan, bisnisnya saat ini dapat membuat Dija mandiri dan tak lagi dibiayai orang tua di usia muda.

Saat ini, Dija masih berjuang menyelesaikan studinya sebagai mahasiswi Seni Murni di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Dija berharap setelah kuliahnya selesai, ia bisa lebih fokus mengembangkan bisnisnya.

Baca Ini Juga Yuk: Menebar Pesan Cinta Lewat Media Sosial ala Joshua Banjarnahor

"Aku pengin banget punya studio bunga. Sekarang kan pekerjaan utama aku masih sebagai mahasiswa. Tentu mimpi aku bisa jadi fulltime dan paten kerja sebagai florist," kata Dija mengakhiri ceritanya.

Kegigihan Dija dalam menggeluti profesi yang berawal dari hobinya ini perlu di acungi jempol ya, TemanBaik. Apalagi di tengah kesibukannya mengembangkan bisnis, Dija tetap menomorsatukan pendidikannya.

Siapa diantara TemanBaik yang senang jika mendapat bunga dari orang terkasih? Nah, jika kamu penasaran dengan berbagai kerajinan hingga rangkaian bunga yang cantik dari tangan Oriana Dizza, langsung saja mengunjungi instagram @tumbas.origine dan @decoriigine ya!


Foto: dok. Oriana Dizza


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler