Semangat Besar Elkan Baggott Bersama Timnas Indonesia

Bandung - TemanBaik, ada hal menarik dari Timnas Sepak Bola Senior Indonesia yang sedang dipersiapkan mengarungi Piala AFF 2020. Dalam skuad 'Garuda' ada nama Elkan Baggott.

Nama ini cukup menyita perhatian, terutama pencinta sepak bola nasional. Sebab, Elkan Baggott yang berposisi sebagai pemain bertahan digadang-gadang bakal jadi bagian penting kesuksesan sepak bola Indonesia di kancah internasional.

Bagaimana tidak, Elkan tercatat sebagai pemain klub EFL Championship atau kompetisi kasta kedua di Inggris, Ipswich Town. Jelas perlu kemampuan istimewa agar bisa bergabung ke klub tersebut.

Sempat setahun berada dalam lika-liku tak bisa memperkuat timnas karena berbagai alasan, kesempatan itu akhirnya datang. Bahkan, kini pemain yang lahir di Thailand itu sudah punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia sejak 9 November 2021.

Kini, setelah punya KTP, Elkan benar-benar lengkap sebagai WNI. Selain itu, meski masa kecil hingga remajanya banyak dihabiskan di luar negeri, ia tetap punya hati besar untuk Indonesia.

Elkan sendiri sebenarnya punya pilihan. Ia bisa menjadi warga negara Inggris, Thailand, atau Indonesia. Namun, ia lebih memilih menjadi WNI.

Saat ini, Elkan sudah bergabung dengan skuad Indonesia yang sedang menjalani pemuasatan latihan di Turki. Rasa gembira diungkap pria kelahiran 23 Oktober 2001 tersebut.

"Senang akhirnya bisa kembali bersama timnas, sekitar satu tahun saya tidak bergabung di sini, jadi saya sangat senang bisa kembali," kata Elkan di laman resmi PSSI.

Baca Ini Juga Yuk: Bangga! Timnas Wanita Indonesia Lolos ke Piala Asia 2022

Dia juga senang karena Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Turki. Sebab, fasilitas yang ada sangat memadai. Sehingga, hasil positif dari pemusatan latihan diharapkan dapat berbuah prestasi manis di Piala AFF 2020.

"Berada di sini, di Turki, sangat menyenangkan, fasilitasnya sangat bagus, cuacanya bagus. Jadi seperti pemusatan latihan dengan cuaca panas bagi saya, berbeda dengan di Inggris," ungkapnya.

Elkan pun sudah bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan cuaca di Turki. Selain itu, ia juga mulai bisa membangun kekompakan dengan para pemain timnas lainnya.

Kini, setelah berlatih, Elkan siap menatap laga uji coba kontra Afghanistan yang bakal digelar Selasa (16/11/2021) di Stadion Gloria, Antalya, Turki, pukul 21.00 WIB. Ini merupakan laga uji coba pertama timnas di bawah asuhan Shin Tae-yong sejak melakuka npemusatan latihan di Turki.

Baca Ini Juga Yuk: Cerita Pelatih Persib Robert Alberts yang Cinta Indonesia

Dari laga uji coba ini, diharapkan Indonesia bisa mengaplikasikan hasil latihan. Selain itu, berbagai kekurangan bisa diperbaiki agar kelak tampil impresif di Piala AFF 2020.

Elkan pun memandang Afghanistan sebagai lawan tangguh. Meski bertajuk uji coba, ia benar-benar serius menatap duel tersebut. Apalagi, ini akan jadi pertandingan spesial karena merupakan laga perdananya usai mengantongi KTP Indonesia.

"Kita tahu mereka adalah tim yang sangat bagus, ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Persiapannya, kami sudah banyak berlatih. Kami juga sudah melalui bagian analisis tim, kami tahu apa yang diharapkan," jelasnya.

Menurutnya, hasil akhir laga akan sangat ditentukan para pemain. Oleh karena itu, dia mengajak rekan-rekannya tampil seapik mungkin dalam pertandingan.

"Ini semua tentang bagaimana kami bermain melawan mereka dan itu tergantung pada kami. Jika kami bermain dengan baik, kami akan memenangkan pertandingan," tegas Elkan.


Foto: Istimewa/Dokumentasi PSSI


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler