Polt, Power Bank Ramah Lingkungan Karya Mahasiswa UGM

Yogyakarta - Pengguna aktif smartphone di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya. Peningkatannya berbanding lurus dengan penggunaan power bank sebagai penyimpan daya. Sayangnya, power bank konvensional tidak ramah lingkungan, karena baterainya menggunakan lithium. Belum lagi daya power bank yang cepat habis, pengisian dayanya pun memakan waktu yang lama dan harus terhubung dengan arus listrik.

Bermula dari permasalahan tersebut, tim Program Kreativitas Mahasiswa - Karsa Cipta (PKM-KC) Universitas Gajah Mada yang diketuai oleh Eki Bagas Candra Wardhana dari Teknik Elektro Sekolah Vokasi dan anggotanya Afifah Ainun Mardiyah dari Prodi Teknik Fisika dan Wida Reza Hardiyanti dari Prodi Ilmu Ekonomi berhasil mengembangkan sebuah inovasi berupa power bank ramah lingkungan.

Produk yang mereka namakan Polt atau power life time ini merupakan power bank yang memanfaatkan energi matahari, energi gerak dan tekanan. Eki selaku ketua mengungkapkan bahwa jumlah energi yang melimpah di sekitar kita bisa dikonversi menjadi listrik untuk mengisi daya power bank.

Salah satu keunggulan Polt adalah lebih ramah lingkungan, karena tidak menggunakan baterai lithium yang mengandung merkuri. Selain itu, lebih menghemat daya karena tidak bergantung pada penggunaan listrik.

Berdasarkan hasil uji coba, Polt telah diletakkan selama 1 jam di bawah sinar matahari dan dapat mengisi daya smartphone selama 1,5 jam. Walaupun bukan power bank konvensional, Polt mampu memanfaatkan energi menjadi daya.

Tim mahasiswa UGM mengungkapkan, power bank karya mereka ini diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan kelangkaan listrik di masa depan.


foto: ugm.ac.id




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler