Keren! Warga Pekalongan Bikin 'Mata-mata' Pemantau Bolos Sekolah

Pekalongan - Orangtua biasanya memiliki kecemasan apakah anaknya bolos sekolah atau tidak. Sebab, orangtua tidak bisa memantau anak 100 persen sejak berangkat hingga pulang sekolah.

Untuk menyiasati hal itu, tiga warga Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengembangkan sebuah aplikasi 'mata-mata' yang dinamakan E-Presensi, yaitu Cahyono, Achmad Izzudin, dan Arif Budhi Wicaksono.

Melalui aplikasi itu, hanya melalui telepon genggam, para orangtua nantinya akan bisa mengetahui anaknya bolos sekolah atau tidak. Sehingga, keresahan orangtua diharapkan akan hilang.

Lewat E-Presensi, para orangtua akan menerima notifikasi atau pemberitahuan saat anaknya masuk dan pulang sekolah. Sebab, siswa akan mengabsen saat tiba dan pulang dari sekolah melalui alat absensi finger print yang dikoneksikan dengan web service.

Penggunaan aplikasi itu tidak membuat orangtua harus mengeluarkan biaya tambahan seperti untuk pesan singkat atau SMS. Sebab, aplikasi itu berbasis koneksi internet.

"Aplikasi ini bisa diinstal di handphone. Jadi orangtua dengan mudah akan mendapatkan notifikasi (kehadiran) siswa tanpa biaya," kata Cahyono, pembuat aplikasi E-Presensi, di laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Melalui aplikasi itu, para orangtua yang bekerja atau punya kesibukan lain bisa leluasa menjalankan aktivitasnya. Sehingga mereka tidak perlu lagi datang ke sekolah untuk mengecek kehadiran anaknya.

"Notifikasi ini masuk ke handphone. Jadi orangtua tidak perlu mengecek ke sekolah dan tidak khawatir anak tidak masuk sekolah tanpa alasan," jelas Cahyono.

Tapi, E-Presensi sendiri masih dalam bentuk protorype alias purwarupa. Saat ini, aplikasi itu baru diaplikasikan di SMP Islam Pekalongan. Ke depan, aplikasi itu rencananya akan dipakai di SMAN 1 dan SMAN 2 Pekalongan.

Cahyono pun berharap aplikasi itu bisa diterapkan di seluruh sekolah di Pekalongan. Sehingga, seluruh orangtua siswa tidak akan lagi was-was anaknya masuk sekolah atau tidak.

"Saya memohon bantuan dari Dinas Kominfo dan Dinas Pendidikan Kota Pekalongan," ujar Cahyono.


Foto aplikasi e-presensi:  Tim Komunikasi Publik Diskominfo Kota Pekalongan


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler