Instagram Hadirkan Fitur 'Alt Text' Bagi Pengguna Tunanetra

Bandung - Instagram terus memberikan fitur-fitur teranyar untuk para penggunanya. Baru-baru ini Instagram juga menghadirkan fitur Alternative Text atau disingkat 'Alt Text' bagi penggunanya yang memiliki gangguan penglihatan.

'Alt Text' bersinergi dengan pembaca layar atau screen reader yang merupakan software untuk mendeskripsikan elemen-elemen yang ditampilkan di layar. Fitur 'Alt Text' hadir dengan menggunakan teknologi AI object recognition yang secara otomatis dapat mendeskripsikan gambar yang sedang dilihat beserta dengan captionnya. Fitur ini juga berlaku ketika penggunanya mengakses Feed, Profile dan Explore Instagram.

Baca Ini Juga Yuk: Instagram Siapkan Fitur Jualan di Video, Belanja Makin Mudah

Enggak cuma itu aja, fitur 'Alt Text' juga tersedia bagi para pengguna yang ingin mengunggah fotonya ke Instagram. Sebelum mengunggah foto, pengguna juga dapat mengetik keterangan (caption) yang ingin ditambahkan pada gambar dengan membuka menu Advanced Settings dan Write Alt Text. Setelah keterangan foto selesai diketik, maka akan dibacakan secara otomatis.

Namun, jika terdapat foto yang tidak memiliki deskripsi, Instagram akan secara otomatis mengindentifikasikan apa yang ada di dalam foto tersebut. Instagram akan menggunakan teknologi pengenalan objek, kemudian dibacakan kepada penggunanya.

Selain Instagram, ternyata Facebook telah lebih dulu menghadirkan fitur serupa loh. Yuk kasih tahu teman atau saudaramu yang membutuhkan informasi ini.


Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler