Fitur Gmail yang Jarang Diketahui Namun Penting untuk Dipakai

Bandung - Apa TemanBaik sudah menggunakan fitur-fitur Gmail dengan maksimal? Atau jangan-jangan banyak fitur penting yang belum kamu tahu? Berikut adalah fitur-fitur Gmail yang jarang yang diketahui penting dan dan bermanfaat untuk digunakan. Layak kamu coba!

Jalan Pintas
Gmail menawarkan shortcut alias jalan pintas pada penggunanya untuk menyesuaikan cara pintas sesuai selera. Seperti jalan pintas untuk membuka jendela baru untuk menulis pesan dan memindahkan percakapan ke Recycle Bin. Untuk mengaktifkan cara pintas tersebut, caranya ke Gear box di pojok kanan atas> Setting> Keyboard Shortcuts> Keyboard Shortcuts on> Save Change.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara pintas keyboard seperti tekan Ctrl + Enter untuk mengirim pesan, tekan Ctrl +. Untuk berganti ke jendela berikutnya, tekan Ctrl + Shift + c berarti menambahkan Cc penerima, tekan Ctrl + Shift + b berarti menambahkan penerima.

Urutan dan Prioritas Email
Jika kamu melihat angka jumlah inbox yang berada di dekat menu Settings, ketika diklik kamu bisa mengurutkan email dari yang paling lama hingga ke yang terbaru atau sebaliknya. Kamu juga bisa memilih email yang paling penting, diprioritaskan atau belum dibaca dengan memberikan tanda bintang. Caranya mudah, cukup menggeser kursor mouse ke kanan inbox di Gmail untuk memperlihatkan sebuah panah kecil. Klik panah tersebut untuk memunculkan pilihan tipe inbox, seperti Default, Important First, Unread First dan Priority Inbox.

Tukar Akun
Jika kamu ingin membuka beberapa akun Gmail di browser dan pada waktu yang sama, caranya juga tidak sulit loh. Cukup masukkan alamat Gmail yang terdapat di sudut kanan atas dan pilih tambah akun. Setelah memasukkan alamat email, maka akan membawa kamu ke tab terpisah di mana kamu dapat login ke akun Google yang lain.

Cadangkan Pesan
Kalau kamu ingin membuat email cadangan lebih mudah, kamu bisa membuat akun Gmail dengan mengirimkan email ke inbox primer. Caranya pilih Setting> Forwarding dan POP / IMAP. Setelah itu Anda hanya memilih “Teruskan salinan surat yang masuk ke” dan isi dengan alamat email Anda.

Cari Email Lama
Google juga menyediakan fitur untuk mencari email lama, caranya kamu bisa menggunakan tag “after”: dan “before:” di kolom pencarian. Sebagai contoh, jika kamu mencari email sebelum atau sesudah tahun 2015, kamu bisa ketik “after:2015” atau “before:2015”. Dan email sebelum atau setelah tahun 2015 akan muncul.

Foto: Pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler