Canggih! Ada Aplikasi Penunjuk Tempat Isi Ulang Air Minum

Jakarta - Saat ini gerakan hemat penggunaan plastik sedang sangat gencar dikampanyekan. Banyak cara yang dilakukan untuk dapat berpartisipasi dalam gerakan tersebut, salah satu cara termudah adalah dengan membawa tumbler atau botol air minum sendiri.

Namun, pasti hal yang kerap kali dilakukan ketika air yang terdapat di botol minum habis, kita akan pergi ke minimarket untuk membeli air minum kemasan yang dikemas dengan botol plastik sekali pakai. Niat awalnya ingin menghemat plastik, tapi akhirnya malah tetap menghasilkan sampah plastik dari botol kemasan yang hanya bisa dipakai satu kali.

Apakah temanbaik pernah mengalami kejadian seperti itu? Kalau kamu pernah mengalaminya, jangan khawatir, karena sekarang terdapat sebuah aplikasi yang akan memberitahu lokasi-lokasi pengisian ulang air minum. Aplikasi ini bernama Refill My Bottle.

Refill My Bottle adalah sebuah aplikasi mirip Google Maps, yang akan mengarahkan kamu ke lokasi-lokasi terdekat tempat pengisian ulang air bersih siap minum. Stasiun pengisian ulang tersebut bisa berupa kafe, museum, penginapan, atau toko.

Di mana, kamu yang ingin mengisi ulang air, hanya perlu menghampiri tempat isi ulang air terdekat dengan membawa botol yang akan diisi. Stasiun pengisian ulang air ini, ada yang bersifat gratis, namun ada juga yang dikenakan biaya minimun sekitar Rp. 2.000.

Baca Ini Juga Yuk: Perhatikan! Begini Nih Cara Mencuci Botol Minuman yang Benar

Aplikasi Refill My Bottle terlahir dari inisiatif komunitas pelancong, warga lokal, dan para pebisnis yang sadar akan kerusakan lingkungan akibat penggunaan plastik berlebihan. Berawal dari Bali, di mana pulau ini menjadi lokasi wisata populer yang menarik banyak wisatawan, yang ternyata setelah dilakukan riset menghasilkan 6 juta sampah botol plastik sekali pakai dalam sebulan.

Sampah-sampah botol plastik tersebut, di bawah penanganan yang tidak tepat, akan berakhir di lapangan terbuka, laut, atau bahkan dibakar yang akan menghasilkan asap beracun. Para pendiri Refill My Bottle pun menemukan solusi, jika ingin mengatasi masalah tersebut harus ditindaklanjuti dari akarnya, yakni mengurangi penggunaan botol air minum plastik sekali pakai.

Refill My Bottle memiliki misi untuk mengurangi sumber masalah sampah plastik, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah plastik, serta memberdayakan masyarakat sekitar agar dapat memanfaatkan limbah plastik yang ada. Selanjutnya, mereka berencana untuk mengimplementasikan solusi ini secara global.

Sejak pertama kali hadir di tengah-tengah masyarakat pada 22 November 2018, Refill My Bottle telah berkembang dengan sangat pesat. Banyaknya negara-negara lain yang juga menghadapi permasalahan yang sama, kemudian bergabung dengan gerakan ini. Hingga saat ini, aplikasi Refill My Bottle sudah terdapat diunduh di kurang lebih 750 lokasi di 9 negara dan sudah diunduh sebanyak 5.000 kali.

Aplikasi ini juga sudah bisa dimanfaatkan oleh TemanBaik di kota Jakarta, Bali, Semarang dan lainnya.


Foto: Refill My Bottle

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler