Canggih! KAI Luncurkan Kereta Penolong Versi Baru Nih

Bandung - Tahu enggak TemanBaik, kalau aspek keselamatan penumpang itu nomor satu loh di dunia transportasi. Salah satu buktinya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Penolong terbaru di Stasiun Bandung, Jumat (15/3/2019).

Punya tampilan yang mentereng, KAI ini juga punya fungsi andal loh. Satu rangkaian Kereta Penolong, terdiri dari satu unit Kereta Penolong 1 yang berfungsi untuk evakuasi sarana KA. Sementara satu unit Kereta Penolong 2 buat evakuasi penumpang dan kru KA.

"Versi pertama dari Kereta Penolong pendahulunya, hanya berfungsi melakukan evakuasi sarana KA seperti kereta, gerbong, dan lokomotif ketika terjadi gangguan dalam perjalanan. Sedangkan yang terbaru sudah komplet dengan fasilitas IGD untuk evakuasi penumpang dan petugas yang mengalami luka-luka," ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro kepada BeritaBaik.

Edi menceritakan, Kereta Penolong teranyar diproduksi KAI dengan misi mempersingkat proses evakuasi saat terjadi peristiwa luar biasa hebat (PLH). “Dengan adanya Rangkaian Kereta Penolong terbaru ini kami berharap proses evakuasi enggak hanya fokus pada penanganan gangguan perjalanan kereta api, tapi juga mengutamakan korban kecelakaan KA atau PLH tersebut. Meskipun tak kita harapkan, tapi wajib siaga," tegasnya.

Baca Ini Juga Yuk: Kini Pesan Tiket Kereta Penataran Enggak Perlu Antre Lagi Loh

Sisi mumpuni dari Kereta Penolong seri baru ini, diperkuat tenaga penggerak sendiri. Kali ini KAI menanamkan teknologi metode alih fungsi dari KRD (kereta rel diesel). Keunggulannya, kereta ini enggak perlu lagi ditarik lokomotif. Canggih banget nih.

"Dengan teknologi baru ini, maka waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai lokasi kejadian bisa lebih cepat. KAI memproduksi rangkaian Kereta Penolong ini di Balai Yasa Yogyakarta sejak bulan Juli 2018 dan telah menjalani uji statis dan dinamis hingga laik untuk dioperasikan pada November 2018," ungkapnya.

Menilik fungsi penyelamatannya, Kereta Penolong 1 berperan sebagai kereta pengangkut alat-alat evakuasi sarana KA seperti kereta, gerbong, dan lokomotif. Kerrta ini pin siap bergerak saat Jika terjadi bencana alam seperti longsor dan peristiwa luar biasa hebat (PLH). Misalnya anjlok, terguling, atau kecelakaan KA lainnya.

Fasilitas evakuasi tersebut antara lain tabung pemadam (APAR), tangga barang atau luncuran, tangga orang, alat pengelasan untuk memotong besi, fasilitas alat ungkit dan alat berat untuk kasus KA yang anjlok.

Nah kalau di Kereta Penolong 2, terdapat fasilitas ruang obat, ruang kru medis, ruang tindakan yang berfungsi sebagai tempat melakukan tindakan medis seperti operasi ringan dan sebagainya, ruang resusitasi, ruang pasien, gudang alat kesehatan, dan toilet.


Foto: KAI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler