Kebiasaan Sepele Soal Charger yang Bisa Berdampak Fatal

Bandung - TemanBaik, mungkin ada di antara kamu yang suka meninggalkan charger gawai terpasang di stop kontak alias colokan listrik. Mulai sekarang, hentikan kebiasaan ini ya.

"Kebiasaan orang itu kalau sudah mengisi daya handphone, yang dicabut hanya handphone-nya doang, tapi charger-nya tetap terpasang. Padahal yang seperti ini harusnya enggak boleh," Kata Kepala Pusat Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung Adi Indrayanto kepada BeritaBaik.id.

Kebiasaan seperti ini berpotensi membuat charger-mu meledak loh TemanBaik. Lebih sial lagi, hal ini bisa berujung terjadinya kebakaran jika ada barang mudah terbakar di sekitarnya.

Menurut Adi, secara teknis, charger yang dipasang pada stop kontak dan disambungkan pada gawai, akan membuat listrik dari jala PLN mengalir ke gawai. Tapi, jika charger dipasang di stop kontak sedangkan tak ada gawai yang terpasang, maka aliran listrik akan ada pada charger.

Baca Ini Juga Yuk: Bantu Peternak, Profesor Malang Buat Produk Bioteknologi 5 in 1

Pada charger yang berkualitas bagus, maka beban listrik yang ada bakal berhenti secara otomatis. Tapi, jika charger-nya berkualitas buruk, maka ada risiko yang harus kamu hadapi.
Salah satunya adalah ujung kabel charger yang biasa terpasang ke gawai akan mengalirkan listrik.

Ini akan berbahaya jika disentuh karena akan membuatmu tersetrum. Dalam kondisi lebih buruk, charger akan meledak karena beban listrik terkumpul pada charger tanpa disalurkan ke perangkat gawai.

Mungkin ada yang berpikir 'ah, ini kan charger bagus, charger mahal'. Iya, charger berkualitas bagus memang memiliki kemungkinan meledak yang lebih kecil. Tapi, kemungkinan meledak tetap ada. Sebab, kamu enggak pernah tahu kan kualitas dari charger setelah sering dipakai.

"Kan kita enggak tahu kualitasnya, masalahnya itu. Kalau seandainya semua charger tersertifikasi dengan benar, harusnya enggak ada masalah," jelas Adi.

Enggak jaminan juga kok TemanBaik jika charger-mu semahal atau sebagus apapun tak akan meledak ketika dipasang di stop kontak dan tak disambungkan ke perangkat gawai. Kuncinya, cerdik dan bijaklah menggunakan charger.

Lepaskan charger dari stop kontak jika memang sudah selesai dipakai. Jadi, jangan anggap sepele lagi ya kebiasaan meninggalkan charger terpasang di stop kontak. Hal ini juga berlaku untuk charger lain, mulai dari charger komputer jinjing,  kamera, serta  perangkat elektronik lainnya.

Foto: Ilustrasi Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler