Bisnis Digital Moncer, BUMN Ini Perkuat Infrastruktur Broadband

Bandung - Usaha apa sih yang saat ini diburu Gen Z? Jawabannya pasti bisnis yang berbau digital. Dengan meroketnya startup yang berbasis teknologi informasi (TI), dukungan broadband alias internet kencang pun mutlak semakin dibutuhkan loh.

Executive Vice President PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk. (Telkom) Regional III Jawa Barat (Jabar), Mohammad Khamdan, bercerita, tak hanya sebagai tulang punggung bisnis, broadband internet juga kerap digunakan para milenial dan Gen Z untuk berbagai aktivitas seperti media sosial, edukasi dan pembelanjaan daring.

"Pemanfaatan broadband di dunia bisnis Gen Z, tak lepas dari usaha Indonesia untuk memperluas jangkauan jaringan internet hingga ke pelosok. Generasi Z juga tak hanya menjadi pembeli, namun mulai teredukasi untuk berwirausaha," ujar Khamdan di Bandung, Kamis (27/2/2020).

Baca Ini Juga Yuk: Mahasiswa Malang Ini Sulap Limbah Bangunan Jadi Beton Daur Ulang

Menurutnya nih TemanBaik, hingga awal 2020 ini peta perluasan broadband, khususnya fixed broadband, terpusat di Inner Bandung. Namun kabar baiknya, pertumbuhan fixed broadband di Outer Bandung ternyata jauh lebih besar loh. 

Ia merinci, pertumbuhan pelanggan fixed broadband di wilayah Telkom Regional Jabar mencapai 27 persen. Sementara pertumbuhan di Inner Bandung mencapai sekitar 23 persen dan Outer Bandung 30 persen.

"Kami memperkirakan, tahun ini tren bisnis digital di kalangan Gen Z Jabar akan semakin menggeliat. Hal ini terdongkrak dengan kian meluasnya penetrasi broadband di berbagai wilayah. Peningkatan ini juga nelaju signifikan seiring banyaknya edukasi soal wirausaha digital yang viral di berbagai media," katanya.

BUMN ini juga berbagi data nih TemanBaik. Tahun ini Telkom Regional Jabar menargetkan jumlah pelanggan IndiHome bisa mendekati angka 881 ribu. Sementara hingga akhir  2019, jumlah pelanggan di Jabar mencapai 771 ribu, naik 27 persen dari tahun sebelumnya.

Nah karena era digitalisasi semakin masif, BUMN ini juga akan terus fokus pada perluasan melalui aktivasi digital yang terintegrasi dengan new platform digital marketing. Bahkan Telkom Regional Jabar juga akan semakin menguatkan infrastrukturnya agar semakin moncer dan bisa diandalkan Gen Z.

Foto: Dini Yustiani/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler