Mengenal QRIS, Alat Canggih yang Siap Dukung Gaya Hidup Non Tunai

Bandung - TemanBaik sudah tahu istilah QRIS?  Saat ini, 'Quick Response Code Indonesian Standard' memang lagi gencar diperkenalkan Bank Indonesia kepada khalayak luas. Terlebih buat kamu yang bergaya hidup digital.

Sebagai debut awal,  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan bank bjb mulai menggelar sosialisasi pengenalan QRIS yang diselenggarakan di Kantor Pusat bank bjb, Jalan Naripan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/3/2020). 

Setelah ngebut memperluas penggunaan mobile banking, nah kini, bank bjb lagi semangat untuk menggenjot pemahaman QRIS di tengah masyarakat. Tujuannya sih jelas, langkah ini dilakukan guna mendorong penetrasi penerapan teknologi transaksi QRIS bagi nasabahnya. 

Direktur Information Teknologi, Treasury, dan International Banking Rio Lanasier mengatakan, pemahaman yang memadai tentang teknologi QRIS ini penting loh, agar semua kelebihan teknologi alat bayar teranyar ini dapat terbentuk. Ia juga berharap, para pengguna bisa mengetahui tata cara penggunaan QRIS serta bisa memanfaatkannya untuk keperluan transaksi sehari-hari.

"QRIS merupakan perangkat hasil inovasi yang dikembangkan untuk semakin memberi kemudahan dan perluasan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Upaya ini juga sejala dengan kampanye literasi dan inklusi keuangan yang senantiasa dijalankan perseroan. Bank bjb sebagai salah satu penyedia jasa dalam industri keuangan nasional turut serta dalam edukasi ini," ujar Rio di Kantor Pusat bank bjb, Bandung, Kamis (12/3/2020).

Baca Ini Juga Yuk: Bisnis Digital Moncer, BUMN Ini Perkuat Infrastruktur Broadband

Lebih jauh Rio menjelaskan, QRIS adalah fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan. TemanBaik cukup mengunduh aplikasi yang sudah terstandarisasi. Ia juga menjamin, QRIS aman karena menjadi satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

"Saat ini QRIS mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional. Dalam hal ini, bank bjb sendiri telah mengadopsi layanan QRIS yang hingga saat ini terus dikembangkan agar bisa dimanfaatkan secara lebih optimal," tambahnya.

Sebagai info buat kamu nih, layanan QRIS bank bjb merupakan transaksi pembayaran pada merchant dengan mekanisme pembayaran menggunakan QR Code serta menggunakan sumber dana uang elektronik berbasis server seperti OVO, GOPAY, ShopeePay, dan lainnya.

Selaras dengan itu, bank bjb juga terus mengembangkan Digi Cash yang merupakan uang elektronik berbasis server milik perseroan yang dipersembahkan bagi nasabah. Digi Cash merupakan layanan yang dapat digunakan oleh nasabah maupun non nasabah bank bjb dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application dengan fungsi multiguna.

Menyoal fungsi, ternyata cukup mumpuni loh, si QRIS. Perangkat bayar digital ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti isi ulang saldo, pengecekan saldo, transfer ke sesama pengguna dan ke rekening bank bjb, pembayaran PBB dan E-Samsat Jabar, pembelanjaan di merchant dengan menggunakan layanan QRIS, serta fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening bank bjb.

"Serangkaian langkah digitalisasi yang dilakukan perseroan ini adalah bagian dari realisasi bjb Digital Payment demi memberikan pengalaman transaksi yang lebih memudahkan sekaligus memuaskan. Hal tersebut seiring dengan visi perseroan yang senantiasa terlibat aktif dalam mewujudkan cita-cita cashless society bagi masyarakat Indonesia di masa depan," pungkasnya.

Foto: Dini Yustianai/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler