Ini Cara Silaturahmi Virtual Saat Ramadan & Idulfitri

Bandung - TemanBaik yang berniat mudik saat momen "Munggahan" atau lebaran, tunda dulu ya tahun ini. Untuk memutus rantai penularan Covid-19, pemerintah sepakat untuk mengajak semua orang untuk dirumah aja alias enggak bepergian.

Tapi jangan sedih ya, di era digital seperti saat ini kita bisa mengganti konsep silaturahmi fisik itu dengan cara virtual. Dijamin tak kalah seru dan khidmat loh TemanBaik.

Nah untuk mendukung gaya silaturahmi jarak jauh ini, sederet perusahaan telekomunikasi digital di Indonesia siap menyambut momen Ramadan dan Idul Fitri 1441 H dengan berbagai cara asyik, seperti apa? Simak yuk ulasannya. 

"Beda dari Ramadan sebelumnya, tahun ini kami melakukan kesiapan jaringan dengan fokus di residensial atau perumahan dan beberapa rumah sakit rujukan Covid-19. Sebelumnya, Point of Interest terkonsetrasi di jalur mudik dan tempat wisata," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro pada video conference yang digelar belum lama ini.

Menurut Anto, meski di tengah pandemi, ibadah puasa dan Idulfitri 2020 #dirumahaja harus tetap berjalan khusyuk. Tak mengurangi maknanya, TemanBaik juga bisa mengusir kebosanan dengan berbagai cara yang positif.

Misalnya melakoni work from home, learn from home dan sesekali kamu bisa menikmati hiburan. Sebut saja berselancar di media sosial, video call, menyimak kajian secara daring hingga urusan belanja berbagai kebutuhan pun  bisa dilakukan secara mudah lewat akses virtual!

"Pada momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, kami memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik komunikasi untuk layanan broadband sebesar 20 persen. Peningkatan ini didorong oleh semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital untuk mendukung produktivitas dari rumah di momen pandemi COVID-19 saat ini," tambahnya.

Baca Ini Juga Yuk: 'RAISA', Robot Medis Besutan Unair dan ITS

Ia merinci, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan di ramadan kali ini berlaku di sekitar 436 point of interest (POI), yang berfokus pada 309 titik area residensial yang diramalkan mengalami kenaikan trafik telekomunikasi secara signifikan. Perlu TemaBaik ketahui juga, sejak diberlakukannya imbauan dari Pemerintah RI untuk beraktivitas di rumah, Telkomsel juga menguatkan jaringan di 58 titik rumah sakit rujukan COVID-19.

Tak lupa, ada 38 titik area transportasi utama di tiap Provinsi seperti bandara dan pelabuhan, 31 titik area transportasi logistik, alat-alat kesehatan dan kebutuhan pokok, serta akses tol dan jalan utama sepanjang 16.000 Km dari wilayah Sumatera, Jawa, hingga  Kalimantan.

"Sejak ada imbauan untuk tidak mudik atau diam di rumah aja, saat ini komunikasi secara virtual memang sudah menjadi kenormalan baru. Kami yakin, setelah pandemi tren bekerja atau belajar secara virtual ini akan menjadi sebuah pilihan baru untuk memudahkan berkomunikasi dari jarak jauh," beber Anto.

Di samping itu, menurutnya sebagai  untuk menerapkan physical distancing dalam proses bekerja, sebagian besar proses operasionalisasi monitoring dan penanganan aktivitas pengamanan jaringan selama masa RAFI 2020 ini dilakukan secara virtual monitoring

Bahkan, untuk menambah kenyamanan dalam bersilaturahmi, TemanBaik juga bisa melakukan "e-Silaturahmi" berupa layanan video conference serta cara berkomunikasi lainnya sesuai dengan kebutuhanmu. Seru kan?

"Dalam mendukung sistem kerja WFH atau remote, kami menyedikan layanan CloudX yang merupakan solusi digital enterprise buatan Indonesia untuk layanan komunikasi, chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, ponsel dan desktop. CloudX mampu meningkatkan produktivitas antar karyawan sehingga menghadirkan lingkungan kerja yang progresif dan tetap produktif, di mana pun dan kapan pun  dan jauh lebih aman" ungkap Director of Sales Telkomsel, Ririn Widaryani menambahkan.

Ririn juga menyampaikan, proses belajar virtual juga saat ini makin mumpuni Nih TemanBaik. Sementara ini sih pihaknya sudah berkolaborasi dengan lebih dari 4000 perguruan tinggi di Indonesia. 

"Kami yakin, ini menjadi momentum untuk saling menguatkan serta mematuhi imbauan untuk tetap menjaga jarak, sembari meningkatkan kualitas ibadah dan memperbanyak silaturahmi melalui pemanfaatan teknologi digital. Kami juga berharap, tantangan bersama saat ini tidak mengurangi nilai aktivitas ibadah kita," pungkasnya.

Foto: dok. Telkomsel
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler