LIPI Ciptakan Alat Pencegah Gagal Napas Bagi Pasien COVID-19

Bandung - TemanBaik, berbagai temuan dan teknologi terus lahir di tengah pandemi virus korona atau COVID-19 yang belum kunjung berakhir. Sudah cukup banyak peralatan yang dikembangkan untuk mendukung proses penyembuhan pasien COVID-19.

Salah satu yang terbaru adalah alat bernama GerlinkLIPI High Flow Nasal Cannula-01 atau disingkat GLP HFNC-01. Apa sih manfaat dari alat ini? Simak ulasan lengkapnya yuk! GLP HFNC-01 adalah alat terapi oksigen beraliran tinggi. Di Indonesia, alat ini baru pertama kali ada.

"Alat ini adalah yang pertama berhasil lolos uji dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Kementerian Kesehatan," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono.

Hadirnya alat ini membuktikan bahwa peneliti Indonesia, khususnya di LIPI, bisa tetap produktif.  Mereka tetap bisa berkarya di tengah suasana pandemi.

Pengembangan alat ini merupakan hasil kerja sama riset antara LIPI dan PT. Gerlink Utama Mandiri. Dengan kerja sama ini, GLP HFNC-01 ditargetkan bisa segera diproduksi massal, sehingga biaya produksinya akan lebih murah, termasuk memudahkan proses distribusi.




Ketua Kelompok Penelitian Otomasi Industri Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI Hendri Maja Saputra mengatakan, GLP HFNC-01 adalah salah satu jenis produk anestesi terbaik kelas 2B. Secara manfaat, kegunaannya juga sangat dibutuhkan oleh pasien COVID-19.

"Alat ini sangat berguna untuk pasien COVID-19 untuk tahap awal jika pasien masih dalamkondisi dapat bernapas sendiri. Alat ini mencegah pasien tidak sampai gagal napas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif," jelas Hendri.

Alat yang penelitiannya dilakukan sejak April ini ternyata juga tak hanya berguna bagi pasien COVID-19. Alat ini bisa dipakai untuk pasien yang mempunya diagnosa penyakit paru obstruktif kronik, Restrictive Thoracic Diseases (RTD), Obesity Hypoventilation Syndrome 5, deformitas dinding dada, penyakit neomuskular, hingga Decompensated Obstruktive Sleep Apnea.

Secara teknis, GLP HFNC-01 menggunakan sistem tabung venturi yang berbasis pada penyempitan aliran masuk pada proses pernapasan. Sehingga, pernapasan akan menjadi lebih lancar.

"Produk ini diharapkan dapt membantu penyembuhan pasien COVID-19, baik yang berstatus ODP, PDP, maupun pasien positif," tutur Hendri.

Alat ini juga bisa dipakai untuk anak-anak dan pasien dewasan dengan berbagai macam ukuran nasal cannula. "Alat ini dapat diproduksi 100 unit per bulan yang dapat digunakan di fasilitas kesehatan ataupun digunakan langsung oleh masyarakat umum," pungkas Hendri.

Foto: GLP HFNC-01/dok. LIPI
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler