Begini Tips Melindungi Data Pribadi di Era Teknologi Digital

Bandung - Disadari ataupun tidak perkembangan zaman saat ini menjadikan kita hidup serba digital. Sepertinya segala hal bisa kita akses dengan internet. Mencari informasi, berbelanja, bahkan berkomunikasi. 

Biasanya saat hendak mengakses berbagai platform yang memudahkan aktivitas tersebut, kita sebagai penggunanya perlu mendaftarkan diri dan memberikan informasi seputar data pribadi. Seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, hingga nomor telepon. 

TemanBaik harus berhati-hati dan teliti ya dalam memberikan atau mengunggah data pribadinya. Jangan sampai kita memberikannya kepada platform yang tidak terpercaya. Jika data tersebut bocor dan digunakan untuk hal yang tidak baik, tentu kita sendiri yang akan dirugikan. 

Lantas, bagaimana ya cara kita melindungi data pribadi? Tenang saja TemanBaik! Prof. Ahmad Ramli selaku Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika punya tips nih buat kamu!

Pertama, jangan memberikan informasi detail di media sosial. Tak jarang, kita terlalu terbuka memberikan tentang informasi pribadi di media sosial. Jangan lupa TemanBaik, ketika data tersebut terpampang jelas diakun media sosial yang kita miliki, tentu akan bisa dilihat oleh siapa saja. 

Kedua, gunakan kata sandi yang unik dan sulit dilacak. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak atau sudah jelas diketahui orang lain ya, TemanBaik. Seperti nama lengkap, tanggal lahir, atau hal lain yang berkaitan dengan mu secara umum. 

Selain itu, penting juga loh untuk mengganti kata sandi secara berkala. Menurut Prof. Ahmad Ramli, memakai kata sandi yang sama seumur hidup atau selama kita menggunakan akun di platform tersebut sangat berbahaya.

Baca Ini Juga Yuk: Menjaga Data Pribadi untuk Berinternet Lebih Aman

Ketiga, hindari memberi data pribadi untuk permintaan yang tidak jelas atau pada tautan yang tidak dapat dipercaya. 

"Sudah ada link yang suka tiba-tiba minta data lengkap bahkan dengan iming-iming memberi hadiah. Itu jangan dipercaya," tegas Ahmad Ramli. 

Jadi perhatikan betul kemana, pada siapa, dan untuk apa setiap kita hendak memberi data pribadi ya!

Keempat, lindungi nomor rekening bank, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Kartu Keluarga (KK). Jangan sembarang memberitahu nomor ini kepada siapapun. 

Bahkan sebaiknya ketika berbelanja menggunakan pembayaran daring  dan ternyata nomor rekening kita belum otomatis disamarkan oleh bank, kita lah yang perlu berinisiatif mencoret atau menutupinya sendiri. 

Kelima, jangan mudah menyebarkan nomor ponsel, dan OTP (One Time Password) kepada orang lain. Kita juga perlu selektif saat menerima pesan atau panggilan yang tak dikenal. Saat ini, sudah banyak bukan penipuan melalui pesan singkat dan telepon? 

Keenam, lakukan pengaturan privasi pada ponsel dan media sosial kita. Banyak yang bisa kita lakukan untuk hal ini, mulai dari memberikan kata sandi, hingga memilah orang-orang yang dapat mengakses media sosial kita.

Intinya, keamanan data diri dan privasi kita saat menggunakan internet dan media sosial tentu harus kita perhatikan. Jangan sampai kita lalai dan menyebabkan kerugian yang tentu tidak diinginkan. 

Era yang serba digital memang memudahkan dan membuat kita nyaman. Tapi jangan sampai mengabaikan keamanan diri ya, TemanBaik!

Foto: Ilustrasi Unsplash/ NordWood Themes

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler