Waspada Peralihan Musim, Periksa Pohon di Sekitarmu Ya!

Bandung - TemanBaik, jika di sekitar tempat tinggal atau aktivitasmu terdapat pohon tinggi, sebaiknya tingkatkan kewaspadaan ya. Jangan sampai ada bagian dari pohon yang berjatuhan dan menimpamu.

Waspadai juga jangan sampai pohon itu tumbang yang bisa mengakibatkan kerusakan hingga korban jiwa. Mengapa kewaspadaan ini perlu dimiliki?

Itu karena sebagian wilayah di Indonesia secara bertahap mulai mengalami peralihan musim dari kemarau ke musim hujan. Pada saat peralihan musim, cuaca ekstrem sangat berpotensi terjadi.

"Pada saat periode transisi atau pancaroba biasa ditandai dengan cuaca ekstrem berupa curah hujan tinggi disertai angin dan petir atau kilat sebagai salah satu dampak pembentukkan awan cumolonimbus," kata prakirawan BMKG Bandung Muhammad Iid Mujtahiddin, Rabu (15/9/2020).

Selain itu, pada peralihan musim ini, angin yang berhembus masih cukup kencang. Rata-rata kecepatan angin saat ini berkisar pada 27-36 kilometer per jam.

Baca Ini Juga Yuk: Kemarau Masih 3 Bulan Lagi, Ini yang Harus Diwaspadai

Jika di sekitarmu ada pohon yang sudah rapuh, maka bisa saja ada bagian pohon yang patah dan berjatuhan. Bahkan, pada pohon yang sudah benar-benar rapuh hingga bagian akarnya, potensi untuk tumbang sangat besar.

"Pohon-pohon yang mudah tumbang atau rapuh di sekitar lingkungan rumah atau fasilitas umum sebaiknya dilakukan penanganan supaya tidak menimbulkan bencana sekunder," imbau Iid.

Karena itu, segeralah periksa pohon-pohon di sekitarmu. Pangkaslah jika memang ada bagian yang rapuh. Untuk pohon yang sudah rapuh, sebaiknya dipotong demi meminimalisir risiko negatif. Namun, usahakan hati-hati ya. Jika tak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya minta bantuan pada ahlinya atau orang berpengalaman.

Selain itu, periksa juga area tempat tinggal atau lingkunganmu. Jangan sampai ada benda yang mudah patah dibiarkan begitu saja, mulai dari atap, pagar, hingga kanopi. Mencegah lebih baik kan daripada harus menunggu peristiwa buruk terjadi?

Di Indonesia sendiri musim hujan akan terjadi secara bertahap. Namun, pada September ini, beberapa wilayah sudah memasuki musim hujan, di antaranya sebagian Sumatera dan Jawa. Di Kota Bandung misalnya, dalam beberapa hari terakhir sudah terjadi hujan.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Johann Siemens

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler