Mengenal Hari Tanpa Bayangan

Bandung - TemanBaik, ada yang tahu dengan fenomena hari tanpa bayangan? Jika belum tahu, kita ulas lebih lanjut, yuk!

Hari tanpa bayangan adalah istilah umum yang digunakan publik. Secara ilmiah, fenomena ini disebut sebagai kulminasi utama. Ini adalah suatu kondisi di mana matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit di tempat kamu berada.

Saat peristiwa ini terjadi, posisi matahari tepat berada lurus dengan kepala kamu atau di titik zenit. Akibatnya, benda-benda di sekitarmu seolah tidak memiliki bayangan. Itu karena bayangan tersebut bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Hal inilah yang membuat orang menyebutnya sebagai hari tanpa bayangan. Sebab, selama beberapa saat, bayangan dari suatu benda akan 'hilang'.

Terjadi Dua Kali Setahun
Di Indonesia, fenomena hari tanpa bayangan ini terjadi dua kali dalam di wilayah yang terletak antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. Sedangkan bagi wilayah yang berada tepat di Garis Balik Utara dan Selatan, hari tanpa bayangan akan terjadi sekali dalam setahun.

Baca Ini Juga Yuk: Waspada Peralihan Musim, Periksa Pohon di Sekitarmu Ya!

Di sejumlah daerah di Indonesia, hari tanpa bayangan sudah terjadi pada Februari hingga April lalu. Sedangkan periode kedua akan terjadi antara September hingga Oktober ini.

Menurut prakirawan BMKG Bandung Muhamad Iid Mujtahiddin, tak ada yang perlu dikhawatirkan dari fenomena hari tanpa bayangan. Apalagi, fenomena ini juga bukan hal aneh karena kerap terjadi setiap tahun.

"Hari tanpa bayangan ini adalah fenomena biasa dan tidak berdampak apa-apa. Ini lumrah terjadi akibat gerak semu matahari," ujar Iid kepada BeritaBaik.id.

Namun, bagi mereka yang sudah tahu fenomena ini, peristiwa ini dianggap langka. Sehingga, ketika terjadi, mereka kerap menjadikannya untuk objek foto, termasuk swafoto.

Sebab, peristiwa ini hanya terjadi sekali dan maksimal dua kali di suatu wilayah dalam setahun. Sehingga, terkadang kehadirannya cukup dinantikan.

Nah, jika kamu penasaran kapan di daerahmu terjadi fenomena hari tanpa bayangan, kamu bisa mengunjungi laman resmi bmkg.go.id 

Foto: Ilustrasi Unsplash/Augustine Wong
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler