Ira Mirawati, Sebarkan Edukasi Lewat Aplikasi TikTok

Bandung - TemanBaik, selain untuk media hiburan, platform TikTok juga bisa dimanfaatkan sebagai media edukasi. Terlebih dengan beberapa fitur menarik di dalamnya, tiap kreator bisa memaksimalkannya sebagai media penyampaian informasi positif.

Ira Mirawati misalnya, Dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Unpad ini memanfaatkan TikTok sebagai media edukasi. Awalnya, pegiat sobatmu.com yang merupakan layanan konsultasi daring untuk remaja ini menemukan TikTok sebagai platform tempatnya menyajikan edukasi ini dari hasil diskusinya dengan mahasiswa di kampus. Setelah menjajal untuk membuat konten video, akhirnya ia menemukan jalurnya sendiri sebagai kreator TikTok dengan konten edukasinya.

Konten yang disajikan Ira relatif ringan. Ia membahas hal-hal yang berkaitan dengan keseharian mahasiswa, fakta-fakta tentang skripsi yang tak jarang menjadi hal menakutkan bagi sebagian mahasiswa, dan masih banyak lagi. Untuk kamu yang belum tahu, konten edukasi Ira bisa kamu lihat di akun Instagramnya @iramirawa.

"Awal-awal bikin konten tuh konten saya serius, dan belakangan saya sadar kalau anak-anak muda sekarang tuh enggak suka digurui. Jadi akhirnya saya coba nyelipin humor di dalamnya supaya nyambung sama apa yang mereka alami," terang Ira dalam jumpa pers daring Kompetisi #TikTokPintar, Selasa (6/10/2020).

Fakta unik yang dipelajarinya dari pendekatan edukasi lewat TikTok adalah hal yang dianggap ringan oleh sebagian orang dewasa, justru di mata remaja adalah hal besar yang memerlukan sejenis pencerahan. Selain itu, ia juga jadi banyak belajar mengenai cara menyampaikan sesuatu yang penuh substansi dengan gaya dan pembawaan yang ringan. Sebab, kembali lagi, ia menangkap fenomena kalau remaja zaman sekarang lebih menyukai konten edukasi yang dibawakan dengan santai.

Baca Ini Juga Yuk: Lomba Edukasi dari TikTok Lewat Kontes Daring #TikTokPintar

Ia mengaku senang upayanya menghadirkan nilai edukasi lewat TikTok mendapat respons positif, kendati dari pengguna media sosial. Gerakan sobatmu.com yang merupakan layanan konsultasi daring pun mulai dikenal oleh banyak orang karena konten yang dibuat oleh Ira.

Pendekatan edukasi dengan mengangkat hal-hal ringan yang mudah dipahami disebut Ira menjadi salah satu kunci dan kiat apabila kita hendak menjadi kreator media sosial yang enggak hanya kreatif, melainkan punya nilai tambah yaitu edukatif. Contoh kasus yang ia berikan adalah momentum kampanye positif seperti kampanye lingkungan hidup. Menurutnya, kampanye seperti ini bisa lebih efektif jika disampaikan dengan konten menarik, ringan, disisipkan unsur humor di dalamnya, namun tidak menghilangkan nilai edukasi yang akan disampaikan.

Hal ini juga tercermin dari konten TikTok yang dibuatnya. Antara lain seperti tips berhadapan dengan skripsi, kiat meningkatkan interaksi saat kuliah daring, fakta tentang dosen pembimbing dan sidang akhir skripsi, dan masih banyak lagi.

"Kadang kita ngerasa ilmu kita yang sedikit, yang keliatannya biasa aja, justru itu jadi hal baru loh bagi orang lain," terangnya.

Oleh karenanya, ia mengajak kepada TemanBaik untuk memproduksi konten kreatif yang juga punya nilai edukasi ini secara masif. Kontes daring seperti yang digelar TikTok melalui #TikTokPintar juga disebutnya merupakan pancingan bagi para konten kreator agar mereka bisa unjuk gigi dengan kreasinya masing-masing.

TemanBaik, yuk jadi kreator yang keren dengan konten positif dan menginspirasi banyak orang. Tetap semangat, ya!

Foto: Ilustrasi Unsplash/Kon Karampelas

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler