Begini Cara Sederhana untuk Menghemat Pemakaian Internet

Bandung - TemanBaik, beraktivitas dan bekerja dari mana saja pasti memerlukan internet. Enggak jarang, pengeluaran bulanan bisa membengkak, senada dengan penggunaan internet bulanan.

Bagi sebagaian orang, menghabiskan dana ratusan ribu hingga mungkin jutaan rupiah selama sebulan untuk membeli pulsa atau kuota internet mungkin bukan sesuatu yang sulit. Namun, bagi sebagian orang lainnya, mungkin jumlah tersebut akan dirasa cukup berat. Nah, pakar Teknologi dan Informasi dari UGM Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat kuota internet. Pertama, penghematan dapat melalui dua pendekatan yakni pendekatan perangkat dan pendekatan aplikasi. Nah pendekatan perangkat ini dikaitkan dengan fitur bawaan yang sudah tersedia yang sudah aktif atau dapat diaktifkan pada komputer maupun ponsel. Untuk menghemat kuota data internet pada ponsel dilakukan dengan mengaktifkan fitur penghemat data yakni data limit dan billing cycle. Lalu, mematikan fitur auto sync, auto download, dan background data. Kemudian melakukan pembaruan aplikasi secara manual dan selektif.

"Kurangi streaming atau menonton dengan resolusi rendah 5 Mbps," terang Ridi.

Baca Ini Juga Yuk: Telkom University Hibahkan Dua Produk Inovasinya

Lalu bagaimana jika ponselmu kerap digunakan sebagai alat tethering alias penambatan dengan menyambungkan koneksi nirkabel ke komputer atau laptop untuk mengakses data internet? Nah, cara menghemat kuota untuk kasus ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan metered connection saat melakukan penambatan. Selanjutnya set data limit, restrict background data, matikan pembaruan dan pengaturan sinkronisasi.

Lebih lanjut, Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM ini menjelaskan tentang penghematan kuota data dengan pendekatan aplikasi. Caranya saat memakai aplikasi pencarian atau browser, kita bisa menggunakan metode kompresi data agar lebih ringan. Lalu, ketika menggunakan aplikasi video untuk pertemuan daring, kita bisa mematikan video dan audio ketika tidak dibutuhkan dan nyalakan hanya saat diperlukan.

"Kurangi resolusi video ke 720 piksel karena video resolusi tinggi/HD cukup besar menyedot data," terangnya.

Selanjutnya, kita juga perlu mematikan notifikasi dan unggah otomatis pada aplikasi media sosial. Meski terlihat sepele, hal ini cukup berpengaruh juga bagi penggunaan internetmu. Selain itu, Ridi juga mengingatkan agar kita memilih dan menggunakan aplikasi yang hemat data. Beberapa aplikasi hemat data tersebut nyatanya ada dalam format lite.

"Pilih aplikasi yang hemat data, misal kalau WA ada WA Lite, Skype ada Skype Lite dan sebagainya," tuturnya.

TemanBaik, aktivitas yang lebih banyak dilakukan di dunia maya memerlukan adaptasi yang tidak selamanya mudah. Meski begitu, tetap lakukan yang terbaik dalam menjalani kehidupan sehari-hari, ya. Terus berkembang dengan segala fasilitas yang tersedia sehingga kita bisa menghasilkan karya terbaik di bidang masing-masing. Tetap semangat!

Foto: Ilustrasi Pexels/Negative Space

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler