Keren! Keyboard & Mouse Logitech Bakal Pakai Plastik Daur Ulang

Bandung - TemanBaik, kini kesadaran pentingnya menjaga lingkungan terus mengalami peningkatan. Bahkan, perusahaan-perusahaan besar juga berusaha menciptakan ragam produk ramah lingkungan.

Logitech International misalnya, mereka akan mengubah "gaya" produksi skala besarnya. Pada akhir 2021 mendatang, secara global, lebih dari 50 persen mouse dan keyboard Logitech akan menggunakan plastik daur ulang pasca-konsumen.

Langkah ini untuk mengurangi dampak karbon serta meningkatkan sirkularitas produk konsumen. Transparansi pun bakal dikedepankan. Sehingga, konsumen bisa tahu jumlah plastik daur ulang pada setiap produk yang dibelinya.

Apa yang dilakukan akan berdampak cukup signifikan. Logitech bakal bisa menghilangkan potensi sekitar 7.100 ton plastik murni dan 11.000 ton karbon per tahun.

"Kami sedang dalam langkah merancang produk untuk masa depan. Prioritas kami adalah dapat memberikan dampak signifikan dan jangka panjang untuk mengurangi karbon dengan cara menerapkan desain untuk prinsip keberlanjutan di seluruh proses pengembangan produk," kata Global Head of Operations and Sustainability Logitech International Prakash Arunkundrum dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id.



Baca Ini Juga Yuk: Kapasitas Tes PCR di RS Cinta Kasih Tzu Chi Meningkat

Selama ini, plastik memang jadi bahan baku utama produk Logitech. Bahan ini adalah yang terbanyak digunakan dibanding material lainnya. Sehingga, pengurangan plastik dirasa perlu disiasati agar lebih ramah lingkungan.

Nantinya, setiap produk Logitech yang mengandung plastik daur ulang akan berbeda satu sama lain. Itu akan tergantung pada jenis, warna, dan bahan penyusun suatu produk. Secara spesifik, kandungan material plastik daur ulang pada Logitech ini nantinya bisa dilihat di laman resmi Logitech sebagai bentuk transparansi.

Bagaimana Kualitasnya? Meski akan menggunakan material plastik daur ulang dalam produknya, Logitech memberi jaminan. Produk yang dikeluarkan akan tetap berkualitas.

Apalagi, Logitech juga bekerja sama dengan pemasok plastik untuk merancang resin baru dan lebih kuat dalam berbagai warna. Resin baru ini akan digunakan dalam produk Logitech untuk memberi konsumen lebih banyak pilihan warna tanpa mengorbankan kualitas produk.

Logitech juga bekerja sama dengan mitra eksternal untuk mengembangkan roadmap atau peta jalan menuju bahan berkelanjutan ramah lingkungan untuk masa depan. Kerja sama ini itu juga berguna untuk kemajuan dalam pengemasan ramah lingkungan, inovasi berkelanutan dalam membuat peralatan elektronk berdampak rendah, dan yerus mendorong program listrik terbarukan.

Foto: dok. Logitech International

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler