Alat Keamanan, Kado dari TikTok di Hari Internet Aman Sedunia

Bandung - Menyambut Hari Internet Aman Sedunia, TikTok meluncurkan alat (toolkit) keamanan keluarga yang diharapkan dapat menjadi panduan bagi para orangtua. Ini tentu jadi kabar baik, khususnya bagi orangtua yang senantiasa ingin melindungi anak-anaknya dari dampak buruk internet.

Dalam sesi diskusi bertajuk 'Peran Orangtua Ciptakan Lingkungan Siber Aman' pada peluncuran alat keamanan ini, Donny Eryastha selaku Head of Public Policy TikTok Indonesia menyebut kalau peluncuran alat kesmanan tersebut merupakan salah satu bentuk aksi TikTok dalam mewujudkan ekosistem pengguna internet yang sehat. Dengan adanya alat keamanan ini, orangtua dapat berperan aktif memantau dan melindungi anak remajanya saat bermain media sosial.

"Upaya dan komitmen kami dalam menciptakan lingkungan siber yang aman akan terus kami gaungkan demi kepentingan bersama. Perhatian kami kini berfokus pada pengembangan kebijakan, investasi teknologi, dan tim moderasi agar TikTok tetap menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk seluruh penggunanya," ujar Donny.

Alat Keamanan Keluarga pada TikTok berisikan ini 10 kiat tentang pengasuhan digital pada anak remaja yang mudah diterapkan oleh orangtua untuk aktivitas di platform digital mana pun, agar mereka menjadi warga digital yang baik. Selain itu, alat ini juga memberikan panduan lengkap mengenai alat keamanan keluarga yang dapat digunakan oleh orangtua, termasuk cara penggunaan pelibatan keluarga (family pairing), fitur yang memungkinkan akun orangtua dan akun anak remaja terhubung sehingga aktivitas daring mereka dapat terkontrol dengan baik. Sebagai informasi juga, perancangan alat keamanan ini merupakan kolaborasi antara TikTok bersama DQ Institute.



Baca Ini Juga Yuk: GeNose C19 Mulai Digunakan di Stasiun Tugu & Pasar Senen

Aksi nyata tersebut juga didukung dan diapresiasi oleh Hendarman, PhD selaku Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud. Menurutnya, di masa adaptasi yang mana tiap orang punya kesulitannya masing-masing dalam menghadapi fase ini, TikTok hadir memberi inovasi dengan peluncuran alat keamanan ini.

"Kami akan terus memberikan dorongan untuk terciptanya sinergi antara orangtua dan anak di ranah digital dalam upaya membangun penguatan karakter anak. Bersama-sama kita akan mewujudkan generasi cerdas berkarakter Indonesia yang maju bermartabat," ungkapnya.

Selain itu, Hendarman juga menyoroti kalau literasi digital yang dimiliki kaum remaja (atau generasi Z) pada hari ini adalah aset yang sangat besar dalam cita-cita membangun sumber daya manusia unggul di masa depan. Maka dari itu, sinergi antara program pemerintah lewat Kemdikbud dengan peran orang tua di rumah dalam membimbing kegiatan anak di dunia maya sangatlah diperlukan.

Apresiasi untuk inovasi ini juga hadir dari Intan Gurnita Widiatie, seorang Ibu Rumah Tangga yang merupakan CEO dari label musik Sorai. Dari kacamata seorang Ibu, ia menyebut hadirnya alat keamanan dalam bermedia sosial ini seperti 'alat perang' bagi orangtua dalam melindungi anak-anaknya yang bermain media sosial.

Selain itu, ia menyoroti kehadiran teknologi ini idealnya menjadi kendaraan bagi orangtua untuk mendidik anak. Dengan segala perubahan zaman yang terjadi, maka ia berharap orangtua siapapun dan di manapun bisa beradaptasi dengan kehadiran internet ini.

"Anak sekarang akan lebih suka menerima informasi berdasarkan sesuatu yang dia sukai. Makanya, saya juga ujung-ujungnya jadi bermain media sosial. Hadirnya toolkit keamanan TikTok ini bagus banget, dan saya rasa ini bisa jadi alat perang buat kita dalam memantau aktivitas anak-anak di internet," ujar wanita yang merupakan Ibunda dari Nadin Amizah ini.

TemanBaik, alat keamanan atau Toolkit Keamanan Keluarga TikTok yang telah diluncurkan tadi dapat diakses dan diunduh pada Pusat Keamanan TikTok dan situs web Puspeka Kemendikbud mulai hari ini, bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia. Yuk jaga diri kita dan orang-orang terkasih!

Foto: Diskusi Daring 'Peran Orangtua Ciptakan Lingkungan Siber Aman' oleh TikTok Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler