TNI Modifikasi Blower Kitchen untuk Minimalisir Penyebaran Virus

Bandung - TemanBaik, inovasi bisa dilakukan siapapun oleh mereka yang punya kemauan. Institusi TNI pun bisa melakukannya. Di Bandung misalnya, Bengkel Pusat Peralatan (Bengpuspal) Pusat Peralatan TNI Angkatan Darat (Puspalad), melahirkan inovasi berupa alat pembunuh virus dan bakteri dalam ruangan.

Alat ini diberi nama 'Alat Blower UVC'. Uniknya, alat ini merupakan modifikasi dari blower kitchen yang biasanya terpasang di dapur. Para tentara di Bengpuspal itu sedemikian rupa memodifikasi dengan memadukan blower kitchen dengan lampu ultraviolet tipe C.

Secara umum, alat hampir mirip seperti air conditioner (AC) atau pendingin ruangan. Konsepnya, udara dari ruangan akan ditarik masuk ke dalam alat in. Setelah masuk, udara akan disterilkan dengan sinar ultraviolet yang ada di dalamnya.

Udara yang diklaim sudah terbebas dari virus dan bakteri ini kemudian akan kembali dikeluarkan. Sehingga, udara yang ada di ruangan akan jauh lebih bersih dan meminimalisir potensi penyebaran virus atau bakteri.



Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Sugentan, Kedelai yang Pakai Teknologi Nuklir

Kepala Bengpuspal Puspalad Kolonel Cpl. Octovianus Oskar mengatakan inovasi anggotanya itu dilakukan baru-baru ini. Alat ini pun sudah ditempatkan di beberapa institusi di bawah TNI.

"Inovasi ini baru saja kita buat tahun ini karena situasi COVID-19," kata Oskar di Pendopo Kota Bandung, Kamis (18/2/2021).

Alat Blower UVC ini menurutnya cukup efektif untuk dipasang di dalam ruangan. Namun, agar lebih maksimal, satu alat ini sebaiknya digunakan di dalam ruangan dengan luas tak lebih dari 45 meter persegi. Jika lebih dari itu, jumlah alat yang dipasang sebaiknya lebih dari satu.

Bengpuspal sendiri menurutnya cukup banyak menghadirkan inovasi, mulai dari alat pencuci tangan tanpa sentuh hingga sepeda. Namun, penggunaan alat yang diciptakan baru sebatas di internal institusi TNI saja. Sebab, Bengpuspal bukan perusahaan atau industri yang fokusnya menghadirkan produk untuk dijual bagi umum.

Dihibahkan kepada Wali Kota Bandung
Oskar sendiri sengaja membawa alat itu ke Pendopo Kota Bandung untuk dipresentasikan di hadapan Wali Kota Bandung Oded M. Danial. Tak hanya dipresentasikan, satu unit 'Alat Blower UVC' ini pun dihibahkan.

Oded sendiri antusias mendapatkan hibah alat tersebut. Ia berencana akan memasangnya di ruang rapat yang ada di Pendopo Kota Bandung.

"Alat ini merupakan inovasi dari mereka. Mereka membuatnya dari sebuah blower kitchen yang dimodifikasi. Ini bisa menormalisasi udara karena di dalamnya ada proses (menggunakan) ultraviolet, bisa membunuh virus-virus. Luar biasa menurut saya," tuturnya.

Hadirnya alat tersebut diharapkan akan membuat siapapun yang beraktivitas di ruang rapat tersebut merasa aman dan nyaman, serta terhindari dari paparan virus dan bakteri.

Foto: Oris Riswan Budiana/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler