Ada 500 Titik Baru WiFi Gratis di Bandung, Ini Passwordnya

Bandung - TemanBaik, Kota Bandung sudah mencanangkan konsep smart city alias kota pintar sejak 2017. Berbagai langkah pun dilakukan, salah satunya, dalam waktu dekat bakal dihadirkan jaringan WiFi di 500 titik di Kota Bandung.

Hadirnya jaringan WiFi itu tentunya bakal membuat warga bisa menikmati koneksi internet gratis. Lumayan kan buat ngirit-ngirit kuota kamu?

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan A Briliyana mengatakan, pada 2021 ini pihaknya sudah memasang router WiFi untuk internet gratis di 500 titik se-Kota Bandung. 

Router WiFi itu dipasang di tempat-tempat yang dibutuhkan masyarakat, seperti di RW yang tersebar di 151 kelurahan, taman-taman tematik, tempat ibadah, dan co-working space. Dalam waktu dekat, WiFi gratis ini bakal diresmikan.

"Kita rencana 7 April meresmikan, mudah-mudahan dengan adanya WiFi itu memberikan dampak positif bagi masyarakat," kata Yayan.

Baca Ini Juga Yuk: Mi 11, Ponsel Gahar yang Siap Manjakan Pecinta Film

Menurutnya, situasi pandemi COVID-19 saat ini membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas. Untuk itu, dengan hadirnya internet gratis diharapkan bisa menunjang kegiatan siswa maupun masyarakat untuk tetap beraktivitas dari rumah.

Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kota Bandung Mahyudin mengatakan, saat ini masyarakat sudah bisa menikmati internet gratis yang telah dipasang di 500 titik tersebut.

"Sudah 100 persen terpasang, yaitu di 151 Kelurahan, satu kelurahan ada dua RW, jadi jumlahnya 302 RW," jelasnya.

Selain itu, WiFi gratis itu hadir di lima masjid dan beberapa tempat ibadah, 20 taman tematik, seluruh OPD, seluruh puskesmas, seluruh SMP, dan seluruh CCTV di Kota Bandung.

"Jadi, 500 itu sudah termasuk di titik itu semua," ucap Mahyudin.

Password untuk Mengaksesnya
Siapapun bisa kok menikmati WiFi gratis ini. Sebab, jaringan yang ada mayoritas tak menggunakan password alias kata sandi. Namun, ada juga yang harus diakses dengan memasukkan kata sandi lebih dulu. Simpan baik-baik kata sandinya ya.

"Ada yang pakai password, yaitu 'Diskominfo2020'," kata Mahyudin.

Foto: Ilustrasi Unsplash/Paul Hanaoka

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler