'Sabtu Belanja Lokal', Program Keren TikTok untuk Rangkul UMKM

Jakarta - TikTok, kembali bikin gebrakan keren. Mereka mendukung para pelaku UMKM di Asia Tenggara lewat program Sabtu Belanja Lokal. Program ini disebut sebagai upaya TikTok dalam mendukung rencana UKM Go Digital.

Sepeerti kita ketahui, saat ini banyak UKM yang masih berjuang menghadapi dampak pandemi. Melalui program ini, TikTok berupaya menyamaratakan kesempatan dengan meningkatkan kesadaran tentang bisnis mereka dan memperkuat penawaran mereka. Program ini menawarkan berbagai paket iklan berbayar untuk menunjukan merek atau brand UKM dengan fitur spotlight unik di TikTok, dan akan dimulai pada tanggal 4 Juni 2021.

Dengan bergabung bersama program Sabtu Belanja Lokal, para UKM akan mendapatkan kesempatan yang unik. Enggak hanya berpartisipasi dalam kampanye TikTok saja, tetapi juga meningkatkan jangkauan dan skala di dalam platform.

Dengan dukungan spesial, seperti halaman khusus di aplikasi yang dibuat untuk meningkatkan popularitas situs web UKM, akses khusus untuk bekerjasama dengan kreator, memproduksi iklan, pelatihan kreatif, dan masuk ke dalam website dan blog TikTok, UKM di Indonesia bakal lebih banyak terekspos untuk mendapatkan pembelian dari lebih banyak pengguna yang menjadi konsumen baru.

Melalui keterangan resminya, Esme Lean selaku Head of Small and Medium Business pada TikTok Asia Tenggara menyebut UKM saat ini merupakan bagian penting dari ekonomi nasional. Ia berharap bisa UKM di Indonesia dapat memanfaatkan TikTok untuk meluncurkan kampanye menarik yang mampu meningkatkan penjualan serta bisnis.

"Kami senang dapat meluncurkan program Sabtu Belanja Lokal untuk mendukung UKM di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Sabtu Belanja Lokal merupakan bagian dari rangkaian program pemberdayaan UKM agar mereka dapat memanfaatkan TikTok sebagai platform untuk menunjukkan jati diri mereknya, serta menjangkau audiens baru. Hal ini menjadi cara TikTok untuk mendukung UKM dan memberdayakan mereka untuk tetap tumbuh, terlepas dari masa pandemi ini," ujarnya.

Baca Ini Juga Yuk: Bangga! Ini 5 Produk Pertahanan Buatan Anak Bangsa

Laporan TikTok SMB yang dilakukan pada bulan Januari 2021 oleh TikTok for Business menunjukkan 1 dari 3 UKM di Indonesia lebih suka menggunakan TikTok sebagai platform beriklan mereka. Selain itu, TikTok juga disebut memiliki kekuatan sebagai alat pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis mereka.

TikTok juga akan mengamplifikasi program Sabtu Belanja Lokal lebih jauh di dalam aplikasi melalui tampilan In-Feed Ads secara penuh yang dapat menangkap atensi pengguna, atau disebut sebagai Brand Takeover. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan pengguna agar mendaftarkan diri ke program Sabtu Belanja Lokal di sepanjang bulan Juni.

Peran TikTok sebagai wadah promosi dirasakan oleh sejumlah kreatornya yang merupakan pelaku bisnis UKM. Sebut saja Putra Sastra. Direktur Utama PT. Sastra Utama Media Group (Tzuki) yang juga merupakan pelaku UKM aktif di TikTok ini mengakui secara langsung hal tersebut.

"Slogan TikTok yang berbunyi 'Don't Make Ads, Make TikTok' terasa sangat kuat, karena apa yang kita sebagai UKM lakukan adalah membuat konten yang ingin ditonton pengguna, bukannya memaksakan pengguna untuk menonton konten yang hard-sell," ujar Putra.

Setelah program Sabtu Belanja Lokal, TikTok akan terus berkomitmen untuk mendukung UKM dengan menyediakan berbagai alat, sumber daya, dan pengalaman terbaik untuk terkoneksi dengan audiens serta meningkatkan bisnisnya di masa sulit ini antara lain: 'TikTok Ads Manager'. Lewat program ini, UKM dapat memanfaatkan TikTok Ads manager untuk menciptakan iklan kampanye secara mudah dengan biaya fleksibel, serta membantu bisnisnya untuk menjangkau audiens yang relevan.

Lalu ada 'Grow with TikTok - Starter Lab', Sebuah program pelatihan bulanan yang sudah berjalan di bulan Februari 2021, dimana lebih dari 6,600 UKM telah menerima pembelajaran secara langsung dari tokoh dan ahli di industri marketing serta tim ahli di TikTok dalam bagaimana memulainya di TikTok.

Selanjutnya ada 'Small Business Resource Center'. Diperkenalkan pada Maret 2021, program ini menghadirkan berbagai pengalaman terbaik di TikTok dan sumber informasi bagi UKM untuk belajar terkoneksi dengan audiens dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Lalu ada program 'Lead Generation' yang disebut sebagai solusi pertama TikTok dalam membantu UKM mencapai prosek bisnis untuk mengkonversikannya dalam konsumen potensial dengan mudah.

Fitur ini juga tersedia untuk pebisnis dan pelaku UKM di Indonesia. Lead Generation memudahkan pebisnis segala ukuran, termasuk UKM, untuk menciptakan interaksi sehingga bisa meraih prospek bisnis, termasuk mendapatkan konsumen potensial.

Oh ya, TikTok menjadi aplikasi pertama yang mendukung pembayaran dalam mata uang lokal melalui sistem integrasi dompet digital, seperti DANA di Indonesia. Terakhir, TikTok Menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Pemerintah Indonesia untuk melakukan berbagai program. Sebut saja program pelatihan gratis #MajuBarengTikTok untuk mendukung perkembangan digitalisasi UKM dan IKM, berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, TikTok bersama solusi TikTok for Business telah mengedukasi lebih dari 30,000 pelaku UKM di seluruh Indonesia. Keren ya!

TemanBaik, kamu bisa mendapat informasi lebih lengkap mengenai program Sabtu Belanja Lokal di laman web TikTok. Yuk, semangat UKM Indonesia!

Foto: Dok. TikTok Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler