Lima Mahasiswa Ini Ciptakan Aplikasi Wisata Bagi Teman Tuli

Bandung - TemanBaik, ada inovasi baru nih untuk mengakses tempat wisata, khususnya bagi teman Tuli alias tunarungu. Inovasi ini dberi nama Tuli Jalan Jalan (TJJ).

Aplikasi ini dikembangkan lima mahasiswa penyandang tuli, yaitu Ghausu Silmi (Telkom University), Muhammad Ilham Faisal (Telkom University), Puji Raharjo (STMIK Bandung), Refina Nuraini Ultari (Universitas Pendidikan Indonesia), dan Hani Rahmawati (Universitas Islam Nusantara). Ajang Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) 2021 jadi momentum pembuatan inovasi ini.

“Aplikasi ini mulai dikembangkan sejak Juli 2021 saat mengikuti kelas KBKM selama dua bulan. Saat itu proses pengerjaannya dilakukan secara daring dan luring,” kata Ghausu Silmi mewakili tim.

Selama masa inkubasi karya, para pengembang aplikasi mendapat pendampingan berbagai pihak, mulai dari kampus, pihak Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM), hingga jajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi (Kemendikbud Ristek). Pendampingan utama yang memudahkan langkah mereka merampungkan aplikasi ini ialah pendampingan bahasa isyarat.

Manfaat TJJ akan membantu teman Tuli agar tetap bisa menikmati suasana vakansi. Meski belum dirilis resmi di toko aplikasi daring pada ponselmu, namun pengembangan aplikasi ini perlu didukung sama-sama.

Baca Ini Juga Yuk: Inovasi Mahasiswa ITS Bikin Limbah Air Wudu Lebih Bermanfaat

Uji coba aplikasi ini telah dilakukan di Kampung Adat Cireundeu, Desa Cireundeu, Kota Cimahi, Jawa Barat, pada 18 September 2021. Mereka memilih lokasi ini karena tempat wisatanya belum begitu dikenal serta belum memiliki fasilitas khusus penyandang disabilitas. Harapannya, aplikasi TJJ dapat membantu memberikan pengalaman baru bagi penyandang disabilitas untuk digunakan secara optimal.

Sebagai penutup, Ghausu selaku bagian dari tim TJJ menghaturkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak. Ia berharap dirinya bersama rekan-rekan dapat terus menghasilkan produk penelitian berkualitas. Semangat terus, ya!

TemanBaik, ada banyak hasil riset mahasiswa yang bisa jadi produk inovatif. Oleh karena itu, yuk dukung terus inovasi keren para mahasiswa. Sebab, tanpa dukungan dari kita, hasil riset mahasiswa tersebut tidak akan sampai dan bisa dinikmati masyarakat.


Foto: Dokumentasi Telkom University


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler