Siniar Seru Cita Rasa Lokal Lewat Aplikasi NOICE

Bandung - TemanBaik, ada aplikasi menarik nih bagi kamu yang suka mendengarkan podcast alias siniar, yaitu NOICE. Buat kamu yang belum tahu, NOICE adalah platform konten audio streaming yang hadir sejak 2019.

Tak hanya siniar, NOICE juga punya fitur lain yang enggak kalah menarik, yaitu radio, audiobook, dan teranyar live audio. Aplikasi buatan anak bangsa ini sudah punya banyak pengguna. Sejauh ini, tercatat ada sekitar 1 juta user NOICE. Bahkan, jumlah podcast episode-nya sudah mencapai 15 ribu konten yang bisa didengarkan.

"Dari sisi rata-rata mendengarkan konten, ada perkembangan sangat besar tahun ini. Tahun ini daily user (NOICE) mendengarkan lebih dari 60 menit sehari. Ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun kemarin," kata Chief Business Officer (CBO) NOISE Niken Sasmaya dalam Media Gathering 'NOISE Rangkul Insan Kreatif bandung untuk Unjuk Gigi Lewat Konten Bercita Rasa Lokal', Selasa (26/10/2021).

Para pengisi konten dalam NOICE juga sudah banyak banget loh. Bahkan, ada konten kreator lokal yang cukup fokus menghadirkan konten yang lokal banget, termasuk menggunakan bahasa daerah.

Salah satu wilayah yang didorong menghadirkan konten kreator lokal adalah Bandung. Ada alasan besar kenapa Bandung menyita perhatian tersendiri dari pihak NOICE. "Bandung selalu memiliki daya tarik spesial bagi industri kreatif di Indonesia yang terlihat dari menjamurnya radio lokal dan podcast asli Bandung," ucap Niken.

Menurutnya, di tengah banyaknya tantangan yang terjadi untuk media lokal, NOICE mencatat Bandung sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan konten kreator sekaligus pendengar podcast terbanyak di Tanah Air.

"Melihat potensi yang menjanjikan ini, kami ingin merangkul konten kreator asal Bandung, termasuk radio-radio favorit warga Bandung untuk dapat menjangkau audience secara lebih luas dengan memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang kami hadirkan di NOICE. Bersama-sama kita akan kembangkan ekosistem konten audio di Kota Bandung," jelasnya.

Baca Ini Juga Yuk: Randhika Djamil, Podcaster yang Kecanduan Bikin Konten Audio

NOICE sendiri menyediakan fasilitas studio beserta tim produksi untuk mendukung para konten kreatornya. Fasilitas ini rencananya tak hanya tersedia di Jakarta, tapi juga akan hadir di berbagai kota lainnya secara bertahap. Harapannya, para konten kreator lokal akan semakin banyak. Sehingga, NOICE akan semakin kaya akan karya pada konten kreatornya.

"Dukungan bagi para konten kreator berupa fasilitas produksi, promosi, hingga teknologi yang tersedia di platform NOICE, kami harapkan bisa memberi kemudahan bagi para kreator untuk mengembangkan bakat dan potensinya di industri konten audio serta membuka lapangan pekerjaan baru," jelas Niken.

Secara umum, konten favorit NOICE mencakup genre komedi, horor, hobi, hingga cerita lokal. Apalagi, banyak perantau yang merindukan kampung halamannya. Sehingga, ketika mendengar siniar yang berasal dari kampung halaman, perantau bisa sedikit terobati kerinduannya.

"Banyak perantau rindu kampung halaman dan ketika mereka mendengar podcast dari kota asalnya di NOICE, mereka merasa relate dan terkoneksi secara emosional, merasa pulang ke kota tersebut," tutur VP of Content NOICE Thomas Raditya.

"Inilah alasan kenapa kami ingin merangkul lebih banyak lagi konten kreator lokal, khususnya Bandung, untuk berkarya dan membangun komunitasnya," sambungnya.

Baca Ini Juga Yuk: Podcast, Pilihan Hiburan Menarik di Era Pandemi

Di Bandung sendiri sudah ada beberapa konten kreator lokal. Mereka aktif banget loh mengisi konten dan menghibur Paranoise, sebutan pendengar NOICE. Salah satunya Balik Bandoeng yang konsen banget membahas berbagai hal tentang klub sepak bola Persib Bandung.

Di Bandung, Persib ibarat sudah menjadi budaya, bukan hanya sekadar klub sepak bola semata. Sehingga, pembahasan seputar Persib selalu menarik. Balik Bandoeng pun sesekali menyelipkan bahasa Sunda dan terasa Bangdung banget.

"Platform NOICE menawarkan konsep berbeda bagi kami untuk berkreasi. Kami diberikan keleluasaan untuk mengangkat topik, konsep lokal Bandung, dan dialek Sunda sebagai medium penyampai pesan melalui podcast. Sehingga kami merasa lebih dekat dengan pendengar," ucap Podcaster NOICE Exclusive Balik Bandoeng Fiqie Melano.

"Apalagi yang dibahas dalam podcast kami adalah Persib Bandung yang merupakan kebanggaan bagi warga Bandung. Dengan penggunaan bahasa lokal dan mengangkat topik terkini di Bandung, topik podcast kami terasa lebih hidup dan mengena," sambungnya.

Selain Balik Bandoeng, podcast lokal lainnya di NOICE adalah BDG Podcast, BGST (Bandung Ghost Story), Cerita Teh Fidy, The Soleh Solihun Interview, Podcast Keren, Rompies Daddies, Podcast Subjective, dan Mingilibur Podcast.

Para pengisi konten lokal dari daerah lain juga banyak , loh. Buat kamu yang penasaran dan ingin mendengarkan keseruan, kamu tinggal mengunduh aplikasi NOICE melalui ponsel. Seru deh, ada banyak banget konten menarik yang bisa jadi hiburan hingga memberi ilmu.


Foto: Tangkapan Layar


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler