Fakta Menarik Pesawat NC212i Buatan PT Dirgantara Indonesia

Bandung - Upaya penguatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) terus dilakukan Kementerian Pertahanan. Kini, TNI AU punya satu unit pesawat baru, yaitu NC212i Troop Transport.

Pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (Persero) ini baru saja dikirimkan dari Hanggar Delivery Center PT DI di Bandung menuju Skadron Udara 4, Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, pada Selasa (26/10/2021). Nantinya, pesawat ini bakal dioperasikan Skadron 4. Digunakan buat apa ya pesawat ini?

"Pesawat kedua dengan konfigurasi Troop Transport ini diharapkan dapat membantu pemenuhan tugas dan operasi TNI AU, khususnya dalam keterlibatannya menjaga wilayah NKRI di situasi pandemi seperti ini," kata Direktur Utama PT DI Elfien Goentoro.

Secara khusus, dia berterima kasih atas kepercayaan Kementerian Pertahanan dan TNI AU yang memberi kepercayaan agar PT DI bisa memenuhi kebutuhan matra udara. Sehingga, PD DI bisa terlibat secara langsung dalam upaya penguatan kekuatan Kementerian Pertahanan, khususnya TNI AU.



Kementerian Pertahanan sendiri total memesan sembilan pesawat NC212i kepada PT DI. Sudah dua kali PT DI mengirimkan pesawat NC212i, pertama pada 26 Januari 2021, yang kedua kemarin. Seluruh pengiriman dilakukan bertahap. Yang terdekat, pesawat ketiga bakal dikirimkan pada 2022 mendatang.

Dari sembilan pesawat NC212i yang dipesan, spesifikasinya berbeda. Empat unit yang dipesan memiliki konfigurasi Troop Transport, empat berkonfigurasi Rain Making, dan satu unit berkonfigurasi Navigation Training.

Secara umum, pesawat NC212i ini merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik full glass cockpit dan autopilot. Pesawat ini dilengkapi ramp door dan memiliki ukuran kabin luas dibanding pesawat sekelasnya.


Di dunia, pesawat NC212i series ini total ada 602 unit. Akan tetapi, PT DI punya catatan manis tersendiri. Sejak 2014, PT DI jadi satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i. Jadi, di negara lain enggak ada yang memproduksi pesawat ini lagi. Keren banget, kan?

Hingga saat ini, PT DI sudah memproduksi 118 unit pesawat NC212i series. Pesawat ini sudah dikirimkan ke berbagai konsumen, baik di dalam maupun luar negeri. TemanBaik, makin bangga kan pada produk buatan dalam negeri? 


Foto: Dokumentasi PT Dirgantara Indonesia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler