Cara Asyik Belajar Bahasa Indonesia Lewat Aplikasi & Gim Daring

Bandung - TemanBaik, bahasa Indonesia yang baik dan benar tentu perlu untuk dipelajari. Cara belajar bahasa Indonesia pun beragam, bahkan bisa pakai aplikasi dan gim daring.

Kedua media belajar ini adalah aplikasi Bahasa Kita dan gim Pak Kades Desa Edu yang diluncurkan pada Kamis (28/10/2021). Melalui dua media ini, cara belajar bahasa Indonesia dibuat lebih menyenangkan.

Penasaran enggak bagaimana aplikasi dan gim itu bisa membuat kamu belajar bahasa Indonesia? Simak ulasannya, yuk!



Bahasa Kita
Aplikasi ini digagas Wieke Gur pada 28 Oktober 2006. Awalnya, Bahasa Kita merupakan situs. Ia mengumpulkan sendiri berbagai materi untuk dimuat ke dalam situsnya.

Namun, demi mengikuti perkembangan zaman, Bahasa Kita dikembangkan. Akhirnya, Bahasa Kita dikembamgkan menjadi aplikasi yang bisa dipakai siapapun melalui ponselnya. Lalu, apa ya isi dari aplikasi ini?

"Apapun yang mengenai tata bahasa, mengenai kosakata, semua ada di situ. Pada perjalanannya, ketika era aplikasi seluler sudah ada, awal tahun ini kami mulai mengembangkan aplikasi seluler untuk bahasa kita," kata Wieke.

Aplikasi ini penting banget buat kamu yang ingin belajar bahasa Indonesia. Tak hanya bagi orang Indonesia, aplikasi ini juga memudahkan warga negara asing yang ingin belajar bahasa Indonesia.

Wieke lalu menekankan pentingnya orang Indonesia belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sebab, bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Warga dari Sabang sampai Merauke bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia.

Bahkan, jika kamu pergi ke luar negeri atau bertemu orang asing, kamu secara tidak langsung akan didaulat jadi duta bahasa Indonesia. Sehingga, penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar tentu perlu dikuasai. Dengan begitu, ketika orang asing bertanya seputar bahasa Indonesia kepadamu, kamu bisa menjawabnya dengan jelas dan lugas.

"Yang saya lihat masih kurang adalah kesadaran kita sendiri untuk mempelajari bahasa kita sendiri. Jadi, kita banyak berasumsi 'oh, itu bahasa kita, enggak usah belajar'. Jadi kita sibuk euforia bersorak-sorak ketika orang asing belajar bahasa Indonesia, kita lupa kitanya sendiri tidak belajar," jelas Wieke.



Pak Kades Desa Edu
Selanjutnya, kita bahas gim daring Pak Kades Desa Edu, yuk! Gim ini dikembangkan Everidea Education. Gim ini hadir untuk membuat pembelajaran bahasa Indonesia lebih menyenangkan, tapi mudah dicerna.

Dalam game ini, karakter Pak Kades akan diberi tugas mencari seseorang yang berasal dari Surabaya. Pak Kades dalam perjalanannya akan bertemu dengan berbagai orang.

Saat bertemu orang lain, Pak Kades akan berkomunikasi. Setiap tanya-jawab memiliki beberapa kalimat yang harus dipilih. Bagian inilah yang jadi sarana belajar bahasa Indonesia. Pengguna game bakal diajak belajar bagaimana cara berkomunikasi hingga menyapa orang dari berbagai usia.

"Game ini harus terus dimainkan sampai si pemain menemukan orang yg berasal dari Surabaya karena tugasnya itu," ujar Direktur Program dan Produk Development Everidea Education Hendarsyah Aditia.


Hadirnya gim ini pun disertai mimpi besar. Pihaknya ingin semakin banyak orang belajar dan melestarikan bahasa Indonesia. Yang jauh lebih besar, bahasa Indonesia diharapkan bisa dipelajari oleh lebih banyak orang di dunia melalui gim tersebut.

"Cita-cita kami sebagai putra dan putri bangsa Indonesia adalah kami ingin bahasa Indonesia itu jadi global, dimana semua orang di dunia itu bisa berbahasa Indonesia," tuturnya.

"Kami ingin agar seluruh orang di dunia mampu mengenal dan juga memahami secara menyenangkan serta memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa perdamaian dan bahasa persatuan," papar Adit, sapaan akrabnya.

Nah, TemanBaik, tertarik menggunakan dua aplikasi ini untuk belajar bahasa Indonesia? Gampang kok, kamu tinggal mengunduhnya melalui Play Store atau App Store. Enggak usah bayar juga karena kedua aplikasi ini gratis.


Foto: Tangkapan Layar

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler