Mengenal Geopark Pertama di Jawa Barat yang Diakui UNESCO

Sukabumi - Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu Sukabumi menjadi kawasan pertama di Jabar yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Geopark Ciletuh-Palabuhanratu kini resmi menyandang status UNESCO Global Geopark (UGG).

Taman Nasional Ciletuh-Palabuan Ratu ini terpilih madapatkan predikat UGG ini bersama 12 geopark dari 11 negara lainnya. Penyerahan serifikat akan diberikan pertengahan September 2018 mendatang.

Selain Ciletuh, Geopark Rinjani juga turut diakui oleh Unesco. Ini menjadikan Indonesia memiliki 4 geopark. Sebelumnya yang diakui dan mendapat status UGG yaitu Gunung Batur di Bali pada tahun 2012 lalu Gunung Sewu di Yogyakarta pada tahun 2015. Geopark Ciletuh dan Rinjani di Lombok ditetapkan di sidang Executive Board Unesco ke-204 di Prancis pada April 2018 lalu.

Terpilihnya Geopark Ciletuh ini jadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia dan Jabar pada khususnya. Menjadi objek wisata baru andalan yang bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitarnya.

Ada apa saja di Geopark Ciletuh? Ada lanskap, gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut. Objek wisata yang sudah dikenal seperti Panenjoan, Puncak Darma, Pantai Palangpang, Pulau Kunti, Pulau Badak dan Pulau Mandra.

Salah satu yang objek menarik dari kawasan ini adalah ragam wisata air terjun kecil (curug). Tercatat ada sembilan curug yang dapat Anda kunjungi di kawasan ini.

Sembilan curug tersebut memiliki keunikan masing-masing. Sebut saja Curug Awang yang berada di Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan lebar sekitar 60 meter. Air membuat air terjun yang satu ini menjadi terlihat begitu menarik, dan kalau boleh diibaratkan, air terjun ini seperti air terjun Niagara versi mini. Atau Curug Sodong yang memiliki gua di bagian bawah curug sehingga mebuatnya eksotis.

Bagi traveler yang berasal dari Bandung, rute yang akan dilewati yaitu Padalarang - Cianjur - Sukabumi - Pelabuhanratu - Jampang - Geopark Ciletuh. Perjalanannya memakan sekitar 8 jam menggunakan kendaraan pribadi atau tur travel.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler