3 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Kampung Arab Surabaya

Surabaya - Sebagai kota yang multikultural, Surabaya ternyata punya suatu perkampungan yang menjadi tempat tinggal bagi warga keturunan Arab loh yaitu Kampung Arab Surabaya. Tempat yang berlokasi di Surabaya Utara ini rupanya masih satu area dengan Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel.

Meskipun dekat dengan destinasi wisata religi, rupanya ada banyak hal menarik yang bisa TemanBaik lakukan di Kampung Arab Surabaya. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke sana: 

Berbelanja di Ampel Gubah

Area Makam Sunan Ampel dan Masjid Ampel memang menjadi atraksi wisata utama di kawasan Kampung Arab Surabaya, sehingga akses untuk menuju area ini tidak hanya satu pintu saja. Selain melalui gapura utama, wisatawan kerap memilih jalur selatan melalui Ampel Suci atau yang sering disebut Ampel Gubah oleh warga sekitar.

Baca Ini Juga Yuk: Main ke Kampung Gundih Surabaya Sambil Belajar Kelola Air Limbah

Bagi TemanBaik yang suka berwisata sambil berbelanja, jalur ini bisa dibilang surganya. Sebab, di sepanjang jalan, TemanBaik akan melewati deretan penjual pernak-pernik nuansa Timur Tengah. Mulai dari parfum, perlengkapan ibadah, oleh-oleh haji, hingga kurma.

“Buka usaha di sini sudah lama dan selalu ramai di jalur ini karena setiap hari pasti ada yang ziarah ke Makam Sunan Ampel atau mau ibadah ke Masjid Ampel,” ujar Ahmad Syahrul, salah seorang pemilik usaha di Ampel Gubah yang ditemui BeritaBaik.

Memanjakan Lidah di Jalan Sasak

Setelah puas berjalan-jalan menyusuri perkampungan Arab, TemanBaik bisa langsung memanjakan lidah di Jalan Sasak. Sebab, di kanan-kiri jalan ada banyak penjual kuliner, khususnya kuliner Timur Tengah, seperti nasi kebuli, gule maryam, sambosa, kebab, hingga nasi biryani.

“Setiap ke Surabaya selalu menyempatkan wisata kuliner di sini, karena citarasa ala middle-east-nya khas dan bikin ketagihan. Enggak akan pernah bosan deh karena pilihan menunya juga beragam,” tutur Agustina Diana, wisatawan asal Banjarmasin.

Baca Ini Juga Yuk: Cicipi Sensasi Kuliner Tengah Malam di Surabaya Utara

Wisata kuliner di Jalan Sasak memang enggak pernah hati, karena hampir 24 jam ada saja pilihan kuliner yang bisa kamu coba. Tapi, waktu terbaik untuk menikmati suasana di Jalan Sasak adalah pada sore hingga malam hari.

Berburu Spot Fotografi di Bangunan Bersejarah

Kawasan Surabaya Utara memang identik dengan bangunan-bangunan bersejarahnya yang masih terjaga dengan baik. Nah, buat TemanBaik yang menekuni bidang fotografi, enggak ada salahnya mampir ke Kampung Arab untuk berburu foto atau video.

“Salah satu bangunan yang paling ikonik di kawasan ini ya Hotel Kemadjoean. Kesan lawas bangunan berbaur dengan kearifan lokal di sekitarnya,” ujar Fahmi, salah seorang fotografer yang sore itu sedang asyik mengabadikan foto.

Selain mengabadikan pemandangan dan arsitektur bangunan, interaksi antara masyarakat Kampung Arab yang multikultural ini juga akan menyajikan momen human interest yang apik untuk diabadikan. Well, kalau TemanBaik di Surabaya jangan lupa mampir ya!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler