Wah! Ada Pesawat F-5 Tiger di Taman Lalu Lintas Bandung

Bandung - Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution atau biasa disebut Taman Lalu Lintas Bandung kini punya monumen baru loh. Monumennya yaitu pesawat F-5 Tiger yang merupakan hibah pemberian dari TNI AU.

Dalam rilis yang diterima BeritaBaik, sebelum 'parkir' di Taman Lalu Lintas Bandung untuk melengkapi wahana lain yang sudah ada, pesawat ini ternyata sudah 35 tahun berkiprah di TNI AU dan menjalankan operasi-operasi penting loh.

"Ini bersejarah bagi kami. Banyak para pejabat yang dilahirkan oleh pesawat ini," ujar Kepala Staff Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI, Yuyu Sutisna saat peresmian di Taman Lalu Lintas, Jalan Belitung, Jumat (5/7/2019).

Pesawat F-5 Tiger ini ditaruh di bagian barat pintu masuk taman menyambut pengunjung yang baru masuk. Yuyu berharap hadirnya pesawat ini bisa menjadi edukasi bagi masyarakat. Utamanya mengenai alat tempur udara serta sejarah yang pernah dilalui oleh F-5 Tiger di berbagai operasi dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sangat mengapresiasi hadirnya pesawat F5 Tiger di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Hal itu melengkapi fasilitas yang sebelumnya juga telah ada seperti kereta api, kantor pos, SPBU dan jalan tol.

"Bertambah sarana, seperti pesawat udara kali ini artinya bertambah fungsi sebagai tempat edukasi, tempat rekreasi, dan tempat bermain juga," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Ricky Gustiadi.

Taman Lalu Lintas ini merupakan wahana rekreasi edukasi yang banyak diminati warga Bandung dan sekitarnya untuk wisata keluaga. Taman ini memiliki banyak sarana dan prasarana pembelajaran, khususnya soal tata tertib berlalu lintas. Para pengunjung, khususnya kalangan anak-anak diperkenalkan dengan peraturan lalu lintas sejak dini.

Di areal taman seluas 3,5 hektare ini dirancang menjadi miniatur jalanan pada umumnya sebagai tempat simulasi berlalu lintas. Tentunya lengkap dengan marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas.

Ada juga miniatur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Selain itu, terdapat juga area percontohan untuk memasuki kawasan jalan bebas hambatan atau Jalan Tol.

Untuk menambah kesan jalanan di perkotaan, juga dibuatkan miniatur gerai makanan cepat saji lengkap dengan layanan ‘drive thru’. Lalu ada miniatur toko buku, kantor pos hingga sebuah pos polisi juga.

selain perlintasan jalan raya, di Taman Lalu Lintas ini juga terdapat sebuah stasiun kereta api. Lengkap dengan otomotif beserta gerbongnya menyusuri rel yang terpasang di bagian utara taman.

"Memang selain dari fungsinya menjadi kawasan lingkungan hidup, taman rekreasi juga menjadi tempat edukasi bagi anak-anak usia dini," tutur Dewan Pembina Yayasan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Yul Yunazwin Nazaruddin.

Selain itu, fasilitas rekreasi di Taman Lalu Lintas juga cukup bertebaran di setiap sudut yang dijamin membuat anak-anak betah. Beragam wahana permainan disiapkan berdampingan dengan area terbuka ataupun titik kumpul bagi para orang tua agar lebih mudah mengawasi anak-anaknya saat bermain.

Di bagian dalam juga terdapat sebuah kolam renang. Dengan ukuran yang tidak begitu besar namun cukup membuat anak-anak keranjingan bermain air, terlebih juga dilengkapi dengan perosotan.

Selain fasilitas yang tersedia cukup lengkap, taman yang diresmikan pada 1 Maret 1958 ini juga selalu dipadati pengunjung lantaran harga tiket masuknya yang cukup murah. Untuk satu tiket masuk hanya Rp6.000.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler