Kostum Megah dari 11 Negara Bakal Hadir di Solo Batik Carnival

Surakarta - TemanBaik sudah punya kegiatan liburan pada 27 Juli 2019? Jika belum punya tempat tujuan liburan, Kota Solo bisa jadi referensi. Itu karena pada 27 Juli nanti akan digelar Solo Batik Carnival (SBC) XII.

SBC sendiri adalah kegiatan tahunan dengan mengangkat batik sebagai kekayaan budaya lokal yang berpadu dengan karnaval. SBC bahkan sudah jadi salah satu ikon pariwisata Kota Solo loh.

Untuk tahun ini, SBC akan melibatkan 11 negara peserta dari anggota ASEAN, termasuk di dalamnya Indonesia. Kemeriahan pun siap disajikan untuk memberi hiburan bagi warga sekaligus menumbuhkan kecintaan pada batik.

"Kami mengambil tema Suvarna Bhumi the Golden of Asean," kata Ketua Yayasan SBC Susanto di laman Pemprov Jawa Tengah, Rabu (17/7/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Surakarta Punya Jembatan Penyeberangan Ramah Lingkungan

TemanBaik mau tahu enggak peserta dari negara mana saja yang terlibat? Di antaranya ada dari Filipina, Malaysia, Myanmar, Brunei Darussalam, Laos, serta Vietnam. Hadirnya delegasi negara-negara sahabat itu diharapkan membuat gaung SBC semakin besar. "Ini saatnya SBC XII menjadi daya tarik pariwisata, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara," ungkap Susanto.

Sebagai gambaran, dalam karnaval nanti para peserta akan melakukan defile. Mereka bakal memakai beragam kostum unik dan menampilkan ciri khas negara masing-masing. Tapi, tetap ada satu garis besar yang wajib ditampilkan peserta.

"Tentunya kostum tersebut harus memakai motif dasar batik yang megah. Nanti bisa dilihat para peserta beradu kreatif dalam menampilkan desain kostum mereka," tutur Susanto.

Salah satu contohnya adalah delegasi Malaysia yang bakal menampilkan kostum menara kembar Petronas. Ada juga Thailand yang bakal menampilkan kostum berkarakter gajah.

TemanBaik makin penasaran enggak dengan berbagai kostum menarik yang akan ditampilkan? Sabar dulu ya. Datang deh ke lokasi pada 27 Juli nanti. Untuk rute karnaval, rencananya akan digelar di sepanjang Jalan Bhayangkara hingga Balai Kota Surakarta.

Foto: surakarta.go.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler