Ada Kampung Wisata Alquran di Bandung, Bisa Tur ke Pabriknya Loh

Bandung - Kota Bandung kini memiliki Kampung Wisata Alquran yang berlokasi di Jalan Babakan Sari 1, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong. Peresmiannya dilakukan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

"Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama bisa melaunching Kampung Wisatya Alquran Kiaracondong," kata Yana.

Program itu menurutnya sangat sejalan dengan visi Pemerintah Kota Bandung, yaitu Bandung Agamis. Hadirnya kampung wisata itu diharapkan semakin mendekatkan warga Bandung dengan sisi keagamaan.

Dengan menjadi Kampung Wisata Alquran, ada apa saja sih di sana? Yang paling utama, kamu bisa menengok secara langsung proses pembuatan Alquran di percetakan milik Syaamil Group. Percetakan Alquran ini adalah yang terbesar di Indonesia saat ini.

Di sana, bisa dilihat bagaimana ratusan pegawai mulai dari proses setting, pencetakan, pemasangan sampul, hingga pengepakan Alquran. Area percetakan yang cukup luas akan membuat wisatawan leluasa berkunjung.


Konsep wisata itu sebenarnya sudah dijalankan Syaamil Group sejak 2014. Dalam sepekan, ada empat sesi kunjungan khusus untuk wisatawan. Setelah jadi kampung wisata, kunjungan ke percetakan Alquran pun diharapkan semakin diminati warga.

"Warga dari berbagai daerah sering datang ke sini dan justru ketika kemudian ini akan jadi program yang terintegrasi kerjasama dengan unsur pemerintahan, mudah-mudahan kebaikannya akan semakin meluas," tutur Owner Syamil Group Riza Zacharias.

Selain menerima kunjungan wisatawan, Syaamil Group sendiri sudah menjalankan program, mulai dari wakaf Alquran untuk masjid sekitar Kiaracondong hingga mengajarkan membaca Alquran bagi pria di atas usia 40 tahun.

Camat Kiaracondong Rina Dewiyanti mengatakan pihaknya akan menjadikan kawasan Kiaracondong sebagai wilayah yang agamis. Secara bertahap, daerahnya diharapkan terbebas dari orang yang tidak bisa membaca Alquran. Bahkan, akan diciptakan program untuk mencetak pada hafiz atau penghapal Alquran.

Sebagai daya tarik untuk memancing datangnya wisatawan, di lokasi rencananya akan dibuat menarik. Di sepanjang Jalan Babakan Sari 1, akan ada penataan agar tampil cantik.

"Tentunya untuk penataan sudah kamu buat rencananya bahwa nanti untuk lingkungan Kampung Alquran supaya menarik sesuai konsep wisata, kami akan sedikit merancang seperti nuansa Timur Tengah. Mungkin dengan (menanam atau membuat dekorasi) pohon kurma atau jenis lainnnya yang nuansanya Timur Tengah. Bangunan-bangunan juga konsepnya oleh generasi muda di sini sudah disiapkan," jelas Rina.

Rina mengatakan, pihaknya berencana mendirikan lima kampung wisata Alquran lainnya di Kiaracondong. Sehingga, nantinya akan ada enam titik kampung wisata Alquran secara bertahap.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler