Wisata Murah Meriah Sambil Belajar Sejarah Tembakau di Museum Ini

Surabaya - Memasuki museum ini, pengunjung akan langsung mencium aroma cengkeh dan tembakau. Museum ini yaitu House Of Sampoerna yang merupakan museum tembakau yang ada di Surabaya. Sebelumnya kawasan ini digunakan sebagai pabrik pertama rokok Sampoerna di Indonesia sejak tahun 1932.

Berada di Jalan Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara Surabaya, museum ini adalah bangunan heritage bergaya kolonial Belanda ini yang dibangun pada tahun 1862. Museum ini diresmikan dan dibuka untuk publik sejak tanggal 9 Oktober 2003.

Dari luar, terlihat 4 pilar besar menyerupai bentuk rokok yang sangat ikonik. Saat masuk kalian akan dihampiri petugas museum yang siap memandu menjelaskan benda-benda yang dipajang dengan menggunakan barcode scane melalui aplikasi.

Baca Ini Juga Yuk: Serunya Keliling Kota Pakai Surabaya Heritage Track

Di sini kamu bisa melihat-lihat perkembangan dan juga sejarah dari komoditas tembakau. Mulai dari bagaimana tembakau masuk ke Indonesia pada abad ke-17. Lalu ada mesin cetak kuno yang dulunya digunakan untuk membuat kotak rokok, label dan barang-barang cetak lainnya. Mesin ini memang terlihat sangat kuno, namun jangan salah mesin tersebut masih dapat digunakan hingga sekarang.

"Tadi saya udah ke dalam liat-liat. Jadi tahu juga dulu tempat ini ada sejarahnya," ujar Citra salah satu pengunjung museum.

Kompleks bangunan ini sebelumnya menjadi pabrik lalu museum, merupakan panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Saat berfungsi menjadi pabrik di tempat ini dilakukan produksi mulai dari pengolahan cengkeh dan tembakau, peracikan, percetakan sampai proses barang jadi.

Sebenarnya diluar museum masih ada beberapa fasilitas yang dapat dinikmati. Seperti coffee shop, galeri pavilliun dan juga bus city tour. Perlu dicatat nih TemanBaik, semuanya bisa kamu nikmati gratis loh tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berfoto atau hanya sekedar ingin menikmati dan melihat-lihat benda di dalam museum. Museum unik ini wajib dikunjungi kalau ke Surabaya.



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler