5 Alternatif Wisata 'Hijau' di Jember

Bandung - Katanya, kurang lengkap pelesir ke Jember kalau belum ke Pantai Papuma. Namun, kabupaten yang dikenal dengan sebutan Kota Suwar-Suwir ini punya banyak pilihan tempat wisata lainnya yang tak kalah seru, lho!

Kondisi geografis Jember memang membuatnya dikelilingi gugusan pantai eksotis. Walau begitu, TemanBaik yang lebih menyukai suasana bukit dan dataran tinggi sejuk juga punya banyak opsi untuk menjelajah di kabupaten ini seperti lima tempat berikut.

Kebun Teh Gunung Gambir
Yep, Jember juga punya tempat seperti ini, lho! Bahkan, Kebun Teh Gunung Gambir juga sudah ada sejak zaman kependudukan Belanda tepatnya tahun 1918 dan memiliki sekitar 8 jenis teh yang dikomersialkan.

Kebun teh ini mempunyai luas mencapai lebih dari 180 hektar. Selain bersantai dengan suasana syahdu dan pemandangan hijau yang segar, kamu bisa berburu foto ciamik di berbagai spot seperti jembatan kayu yang membelah kebun dangardu kayu beratapkan jerami di tengah-tengah kebun. Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir berada di Kecamatan Sumberbaru, sekitar 48 km dari pusat kota. Adapun ketinggian tempat ini adalah sekitar 1.000 mdpl.

Cafe Gumitir
Cafe Gumitir sebenarnya berada di kawasan perbatasan antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Namun, jarak tempuh dari pusat kotanya lebih pendek jika diambil dari Jember, yakni sekitar 38,5 km ke arah timur.

Tempat ini sendiri merupakan semacam rest area yang dapat menjadi tempat persinggahanmu selama perjalanan dari arah Jember ke Banyuwangi atau sebaliknya maupun untik tempat refreshing dari rutinitas sehari-hari. Kamu bisa melepas penat di kafe dan resto yang didesain semi terbuka dan serba kayu sembari menikmati hijaunya pemandangan Gunung Gumitir. Adapun menu favorit di sini adalah aneka kopi berkualitas.

Cafe Gumitir berada di bawah pengelolaan PTPN XII sehingga kamu pun bisa sekaligus menikmati agrowisata kopi di sini. Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas lain di sini seperti toilet, musala, flying fox, hingga bumi perkemahan.

Bukit SJ 88
Kalau suka petualangan dan tahan capai, Bukit SJ 88 bisa jadi pilihanmu. SJ 88 sendiri merupakan singkatan yang menunjukkan lokasinya, yakni Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk dengan ketinggian 880 mdpl.

SJ 88 sendiri punya cukup banyak nama, salah satunya adalah Negeri DI Atas Awan. Alasannya tak lain adalah karena dari atas bukit ini, pemandangan kota di bawah kerap tertutup kabut terutama seperti saat momen matahari terbit. Bila awan tak terlalu tebal, maka kamu pun akan menyaksikan pemandangan kota Jember yang hijau dengan semilir angin yang sejuk.

Namun, pastikan kamu berhati-hati saat berada di sini, ya. Hindari melangkah terlalu jauh ke tepi tebing bebatuan dan pastikan alas kaki yang kamu gunakan cukup suportif untuk perjalanan wisata ini.

Air Terjun Tancak
Satu lagi alternatif wisata hijau buatmu yang suka petualangan alam dan trekking, Air Terjun Tancak. Objek wisata alam ini berada di kawasan perbukitan Tancak, sekitar 16 km ke arah barat daya dari pusat kota.

Untuk menikmati suasana air terjun yang berada jauh di dalam kawasan bukit, trekking yang kamu lakukan membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari pemberhentian terakhir. Kamu akan melewati perkebunan kopi yang sangat luas dan terus naik ke atas hingga menyeberangi aliran sungai kecil dari air terjun.

Ketinggian air terjun Tancak sendiri kurang lebih mencapai 250 meter. Saat melongok ke atas untuk melihat secara utuh air terjun ini, bersiap-siap pulalah untuk takjub dengan pemandangan gunung yang mengelilinya.

Puncak Rembangan
Destinasi wisata ini umumnya menjadi pilihan rekreasi bersama keluarga terutama saat akhir pekan. Meski tak dapat disamakan dengan Puncak Bogor, suasana yang akan kamu dapatkan mirip, kok.

Jarak Puncak Rembangan dari pusat kota Jember adalah sekitar 12 km dan dapat ditempuh menggunakan mobil atau motor secara penuh. Nantinya, kamu dapat menyaksikan sendiri perkebunan kopi, kompleks tanaman dengan buah naga yang dibudidayakan, dan beragam tanaman lainnya.

Puncak Rembangan juga mempunyai fasilitas lainnya, seperti kolam renang, restoran, taman bermain untuk anak-anak, hingga penginapan dan lahan untuk berkemah. Bila ingin menikmati pemandangan terbaik, baiknya kamu datang pada saat sore hingga malam hari, ya.


Foto Shelly Salfatira/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler