Kampung Lawang Seketeng, Destinasi Heritage Baru di Surabaya

Surabaya - Konsisten dalam mengembangkan destinasi wisata baru, Pemerintah Kota Surabaya baru saja menghadirkan Kampung Lawang Seketeng. Kampung yang berlokasi di Kelurahan Paneleh Kecamatan Genteng ini cocok untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata heritage di Kota Pahlawan ini.

Buat TemanBaik yang belum tahu, di Kampung Lawang Seketeng terdapat beberapa benda bersejarah loh. Apa saja? Ada Langgar Dukur Kayu yang pada waktu dulu merupakan tempat belajar agama Presiden RI pertama Ir. Sukarno.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Antiek Sugiharto menjelaskan, dari sisi historis adanya Langgar Dukur Kayu dirasa mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebab langgar yang berdiri tahun 1893 silam itu masih terjaga keasliannya sampai saat ini.

Baca Ini Juga Yuk: Uniknya Kampung Lawas Maspati di Kota Surabaya, Intip Yuk!

"Bahwa di sini (Kampung Lawang Seketeng) ada tempat destinasi wisata yang menari, yang khususnya memiliki berbagai objek, mulai dari zaman kerajaan, peninggalan zaman kerajaan sampai zaman perjuangan bangsa Indonesia," jelas Antiek.

Selain terdapat Langgar Dukur Kayu, ada juga loh Makam Syekh Al Habib Zaini Assegaf, Sumur Tua, Terakot serta beberapa peninggalan bersejarah lainnya. Banyak juga bangunan-bangunan lawas yang sampai detik ini memang masih terjaga keasliannya walau pun usianya sudah tua. Sebut saja Rumah Jengki, Rumah Kayu dan Rumah Puing.


Foto: humas.surabaya.go.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler