7 Tempat Wisata Keren yang Ada di Probolinggo

Probolinggo - Probolinggo merupakan sebuah wilayah di Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari kota dan kabupaten. Kebanyakan, turis berkunjung ke kawasan ini untuk menjelajahi eksotisme Bromo. Sementara itu bagi mereka yang gemar melakukan pendakian, Gunung Semeru dan Gunung Argopuro adalah destinasi utama.

Tiga tujuan wisata alam ini memang sangat cantik sehingga tak heran bila menjadi primadona Probolinggo. Namun, Kota Santri bukan cuma soal pegunungan. Ada banyak pilihan wisata menarik lainnya yang dapat TemanBaik kunjungi saat berkunjung ke Probolinggo seperti berikut ini.

Air Terjun Madakaripura
Masih berupa wisata alam, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Madakaripura yang berada di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 200 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa.

Selain tempatnya yang cantik dan kondisi alam yang begitu alami dan bersih sehingga menarik dikunjungi, Air Terjun Madakaripura juga mempunyai cerita yang tak kalah magis. Menurut masyarakat sekitar, air terjun yang melingkar ini menjadi lokasi Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya setelah dicopot jabatannya sebagai mahapatih. Adapun nama Madakaripura berasal dari tiga nama, yakni mada (nama gajah), kari (peninggalan), dan pura (sembahyang atau semadi). Bila dihubungkan, madakaripura berarti gajah yang meninggal saat sedang sembahyang.

Candi Jabung
Bila kamu seorang penikmat sejarah, sampatkan berkunjung ke Candi Jabung yang berada di Kecamatan Paiton tepatnya Desa Jabung. Candi ini bercorak Hindu dan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Dalam kitab Nagarakertagama, Candi Jabung disebut dengan mana Bajrajinaparamitaputra.

Bila diperhatikan, arstiketur Candi Jabung terlihat mirip dengan Candi Bahal di Sumatera Utara. Bahannya menggunakan batu bata dengan bagian tubuh candi berbentuk silinder dan bagian atapnya berupa stupa. Berdasarkan inskripsi pada gawang pintu masuk, pendirian candi ini adalah pada masa awal pemerintahan Hayam Wuruk.

BeeJay Bakau Resort (BJBR)
Tempat wisata di Pelabuhan PP Mayangan ini terbilang cukup lengkap dan cocok dikunjungi beramai-ramai bersama keluarga atau teman-teman. Seperti namanya, kamu akan menemukan hutan bakau yang luas di sini berikut pantai biru yang seakan tak berujung.

BJBR menawarkan banyak spot keren yang Instagramable baik indoor maupun outdoor dan beragam wahana seru seperti Piramida Botol, Water Splash, Fantasy Land, dan lain-lain. Di samping itu, BJBR juga menawarkan fasilitas pendukung seperti tempat makan yang luas, musala, hingga penginapan yang nyaman.

Baca Ini Juga Yuk: Ini Nih 6 Spot Foto Terbaik di Kawasan Bromo

Pantai Bentar
Destinasi ini terletak di Kecamatan Gending, Probolinggo, sekitar 20 menit berkendara motor dari pusat kota. Ikon dari Pantai Bentar tak lain adalah dermaga kayu yang panjang menjorok hingga 50 meter ke laut lepas. Adapun vegetasi yang mempercantik panorama adalah bakau yang cukup rimbun di tepian pantai biru.

Keunikan lain dari objek wisata ini adalah keberadaan kolam renang dan taman bermain yang cocok untuk keluarga dan masih berada dalam kawasan sama dengan Pantai Bentar. Tak lupa, jika sedang beruntung, kamu dapat menemukan kawanan hiu tutul yang sedang bermigrasi dari Laut Australia di pantai ini.

Bukit Bentar
Masih berada di Kecamatan Gending, Probolinggo mempunyai alternatif wisata Bukit Bentar yang tak kalah apik. Dataran tinggi ini kerap menjadi spot untuk berburu foto yang keren dan lebih ramai oleh pengunjung di hari libur. Dari sini, kamu bisa menikmati hamparan suasana desa yang begitu asri dan tenang. Suasana pun akan lebih romantis di momen matahari terbenam saat langit berubah warna menjadi merah keemasan.

Gili Ketapang
Bagi penyuka aktivitas snorkeling, Gili Ketapang adalah tujuan yang harus ada dalam bucket list perjalanan menuju Probolinggo. Kawasan ini merupakan sebuah desa sekaligus pulau kecil yang berada di Selat Madura, sekitar 8 km di lepas pantai utara Probolinggo. Selain keindahan bawah lautnya, hal menarik lain dari Gili Ketapang adalah mitosnya. Masyarakat setempat percaya bahwa dulunya pulau ini menyatu dengan daratan Desa Ketapang yang berada di Pulau Jawa. Namun karena letusan dahsyat Gunung Semeru, pulau ini pun secara gaib bergerak lambat ke tengah laut.

Museum Probolinggo
Objek wisata edukasi ini berada tak jauh dari alun-alun Kota Probolinggo, tepatnya di Jalan Suroyo No. 17. Bangunan museum, yakni Graha Bina Harja, merupakan peninggalan kolonial Belanda yang bernama De Societeit Harmonie te Probolinggo sehingga tak heran bila artsitekturnya pun bergaya kolonial klasik.

Museum Probolinggo memiliki delapan ruangan. Jumlah koleksinya yang mencapai lebih dari 500 buah sangat beragam, mulai dari arca masa prasejarah seperti arca Dwarapala dan prasasti Rameswarapura. Ada juga naskah kuno, piring dari Dinasti Ming, hingga sejarah dan kebudayaan Probolinggo seperti batik khas, dokar ,cikar, dan beragam lainnya.

Selain tujuh objek wisata di atas, Probolinggo juga masih menyimpan beragam pilihan lainnya seperti Songa Adventure (rafting), Candi Kedaton, Air Terjun Umbulan, Danau Ronggojalu, Pantai Duta, dan lain-lain. Jadi, semakin punya alasan berkunjung ke Probolinggo selain menikmati pendakian, bukan?


Foto: beejaybakauresort.com/bjbr.php

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler